Artikel

Rabu, Jam: 09:58:33 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi artikel disini..



Sakit Kepala Tak Sembuh, Bisa Jadi Malaria



Dr. Ian Efendi SpPD K-GH ( Spesialis Penyakit dalam RSMH)



 



Jika dahulu gejala malaria indentik dengan tiga gejala khas, yakni demam, menggigil, dan disertai berkeringat, namun kini gejala malaria tersebut sudah jarang ditemui. Sakit kepala yang tidak sembuh-sembuh, badan lemas, ada juga yang mengalami gejala seperti mag, yakni mual, muntah, dan ada rasa tidak enak di bagian ulu hati, hal itu dapat menjadi gejala malaria.” Dimana gejala tersebut dapat berbeda setiap oaring.



 



Malaria merupakan penyakit infeksi yang disebabkan protozoa jenis parasit plasmodium yang hidup dan berkembang biak di dalam sel darah merah manusia. “ Nyamuknya dikenal dengan anopheles. Penyakit malaria tersebut dapat terjangkit pada seseorang bermula ketika orang tersebut mendapat gigitan dari nyamuk yang mengandung plasmodium dan akan masuk ke dalam darah serta berkembang biak pada organ tubuh manusia. “Masalah bahaya tidaknya sangat tergantung pada tingkat infeksi yang terjadi. Yang terberat adalah malaria karena plasmodium falciparum krena dapat menyerang hingga ke otak. Untuk malaria jenis lain, sambungnya, dapat juga menyerang hati hingga pasien terlihat seperti penderita gangguan hati atau menyerang ke ginjal sehingga air seni pasien berwarna hitam.



              “Sebaiknya cek darah dilakukan saat pasien sedang menggigil karena saat itu plasmodiumnya sedang keluar dari sel darah merah sehingga pemeriksaan akan memberikan hasil yang positf. Sayangnya, ujar dia, kebanyakan pasien datang tidak sedang menggigil, dengangejala yang lebih ringan sehingga pemeriksaan darah cenderung kea rah negatif. Bila tidak ditemukan, bukan berarti malaria tidak ada, mungkin plasmodiumnya sedang bersembunyi di dalam organ tubuh pasien, seperti pada limfa.” Kalau malaria jenis plasmodium falciparum atau malaria tropical, maka penderita harus dirawat di rumah sakit karena pengobatan bersifat injeksi disertai infuse.” Nyamuk anopheles menggigit saat malam hari. Ciri khas nyamuk ini memiliki kaki belakang yang lebih panjang dari kaki depan. Selain itu hidup nyamuk anopheles di tempat gelap serta lembap.



 



Siklus Hidup Malaria



Parasit malaria bergantung pada manusia dan nyamuk dalam menjalani siklus kehidupannya.Nyamuk “Anophelessp” membawa parasit menggigit manusia. Tergantung jenis parasitnya, rata-rata setelah 10-14 hari timbul gejala malaria.




  1. Nyamuk pembawa malaria menggigit manusia.

  2. Parasit yang masuk tubuh manusia segera menuju ke hati dalam waktu 30 menit.

  3. Parasit berproduksi secara cepat dalam hati. Namun, ada beberapa parasit hanya



diam tidak berproduksi (“domart”). Parasit ini baru aktif beberapa tahun kemudian.




  1. Parasit masuk ke sel darah merah dan berproduksi lebih lanjut.

  2. Sel darah merah yang terinfeksi pecah dan parasit meninfeksi sel-sel darah merah lain.

  3. Parasit malaria yang bersifat “domart” masuk ke aliran darah, menunggu diisap nyamuk lain dan menular ke tubuh manusia lain.

  4. Siklus yang berulang menurunkan kadar oksigen tubuh dan menimbulkan demam.


Share