Artikel

Rabu, Jam: 08:05:39 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi artikel disini..JANGAN ANGGAP REMEH AIR PUTIH



- Dr dr H Zulkhair Ali.( Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSMH)


 


 Air atau air putih adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan di bumi. Rumus melekulnya H2O atau sering disebut Hidrogen Dioksida. Pada tubuh manusia, sebanyak 60 persen adalah air. Sehingga air sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jadi jangan anggap remeh air putih ya.


 


 Manfaat minum air putih-pun sangat banyak. Diantaranya mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi. “Jika sudah terjadi dehidrasi maka semua sinyal metabolism di dalam tubuh tidak akan terjadi. Selain itu, jika sudah kekurangan cairan atau dehidrasi efeknya sangat berbahaya bagi tubuh. “Karena cairan di dalam tubuh tidak seimbang membuat shock, lalu kejang-kejang jika belum mendapat pertolongan dengan air bisa menyebabkan kematian


 


Untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan cairan, terbilang mudah. Tanda awal yang umumnya dirasakan ketika seseorang kekurangan cairan adalah merasa haus. Ketika sudah haus harus cepat minum. “Kemudian timbul lelah, mulai mengantuk, kehilangan konsentersi, suhu tubuh meningkat, dan akan terjadi penurunan kesadaran, yang tidak kala penting, perlu diperhatikan beberapa kondisi dan aktivitas khusus yang membuat tubuh jadi membutuhkan lebih banyak asupan air disbandingkan biasanya. Antara lain, berolahraga atau aktif secara fisik, mengalami demam, diare, atau muntah-muntah hingga cuaca yang sangat panas. Dalam keadaan normal tubuh mengeluarkan cairan melalui buang air sebanyak 1.500 ml per-hari. Sedangkan melalui kulit atau keringat ditambah lewat pernapasan itu sebanyak 500-1.000 ml per-hari. “Makanya jumlah yang dibutuhkan untuk menggantikan cairan yang keluar harus seimbang. Disarankan untuk minum air pitih 2-3 liter per-hari. 


 


                    Lalu bagaimana air yang layak dikonsumsi?  air yang layak dikonsumsi adalah air yang tidak terkontaminasi dengan kuman berbahaya. Caranya, menghilangkan kuman bisa dengan memasak sampai mendidih. Namun di zaman sekarang sudah banyak cara dan teknologi untuk mematikan kuman pada air. “Juga terbebas dari zat kimia berbahaya. Seperti air sungai atau air sumur seharusnya diteliti dulu kandungan alumunium dan sebagainya. Ada misalnya di daerah yang banyak mengandung timah, juga harus diteliti dulu sebelum dikonsumsi,” imbuhnya. Sehingga dia menyarankan, mengingat saat ini memasuki musim kemarau, untuk senantiasa banyak minum, menjaga keseimbangan cairan pada tubuh. Bagi yang beraktivitas di ruangan,disarankan minum 2 liter per-hari. Sementara untuk yang beraktivitas di luar ruangan atau ibu yang menyusui agar minum hingga 3 liter per-hari. “Begitu juga para jemaah haji saat berada di Mekah yang sejatinya memiliki suhu yang tinggi mencapai 40 derajat Celsius. Untuk rajin minum air putih, sebelum berangkat minum, ketika sampai minum lagi satu gelas, akan pulang minum lagi dan seterusnya. Biasanya di masjid-masjid, tempat umum di Mekah tersedia air minum zam-zam.


 


( Humas RSMH)


 

Share