Artikel

Rabu, Jam: 08:10:45 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi artikel disini..



Gagal Ginjal Kronik, Cuci Darah Seumur Hidup



Dr Zulkhair Ali ( Spesialis Penyakit Dalam RSMH)



APA yang terjadi bila saluran limbah di rumah kita tersumbat ? Tentu semaunya akan kalang kabut. Pertama kali yang terjadi adalah tergenangnya air bekas m-c- k ( mandi- cuci- kakus). Tak lama kemudian akan timbul aroma yang tidak menyenangkan ke seluruh pelosok rumah. Setelah itu semua orang akan menutup hidung dan pusing karena bau yang tak sedap itu. Demikian juga halnya bila ginjal kita tidak berfungsi.

Dr zulkhair Ali SpPD mengatakan, sebagai salah satu alat pengeluaran (ekskresi), ginjal bekerja membuang sampah sisa motabolisma yang terjadi pada tubuh manusia. Juga secara sistematis membuang cairan yang berlebihan dari tubuh sebanyak 750 ml - 1500 ml perhari.

''Bila ginjal tidak berfungsi, atau dalam dunia kedokteran sebagai gagal ginjal, sisa metabolisma yang tidak dikeluarkan tubuh akan menjadi racun bagi tubuh sendiri,''ujarnya.

Racun ini, lanjutnya akan menimbulkan keluhan mual, muntah, sakit kepala hebat sampai penurunan kesadaran. Cairan yang tidak bisa keluar dari tubuh akan menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di seluruh rongga tubuh sehingga terjadi sembab dan sesak nafas. Bila tidak diatasi segera orang yang mengalami gagal ginjal akan menemui kematian.

Menurut kejadianya gagal ginjal dapat dibagi atas gagal ginjal akut yang timbul secara tiba-tiba dalam hitungan hari dan minggu. Sedangkan gagal ginjal kronik timbul perlahan secara menahun.

''Gagal ginjal akut jika dilakukan pengobatan yang tepat, akan dapat disembuhkan. Sedangkan gagal ginjal kronik tidak dapat disembuhkan, dan harus menjalani pengobatan seumur hidup,''ungkapnya.

Penyebab gagal ginjal akut, lanjutnya dapat disebabkan oleh peristiwa yang terjadi secara akut seperti penyumbatan total saluran ginjal oleh batu, kekurangan cairan pada diare yang tidak diatasi segera dan kekurangan darah pada orang luka dan operasi, infeksi berat serta keracunan obat dan zat kimia tertentu. Bila tidak ditangani dengan baik gagal ginjal akut ini akan berubah menjadi gagal ginjal kronik yang permanen.

Gagal ginjal kronik, tambahnya dapat disebabkan baik oleh penyakit ginjal itu sendiri maupun penyakit di luar ginjal. Penyakit ginjal yang menyebabkan gagal ginjal kronik adalah glomerulonefritis ( radang imunologis ginjal), infeksi dan batu kronik, ginjal polikistik dan lain-lainnya. Sedangkan penyakit di luar ginjal adalah diabetes mellitus (di negera maju merupakan penyebab utama gagal ginjal), hipertensi, lupus sistemik dan lain-lain.

Zulkhair menjelaskan, pengobatan gagal ginjal dimulai dengan pembatasan cairan. Selain itu mengurangi makanan yang mengandung protein, garam dan fosfat. Bila tidak dapat diatasi secara konservatif, maka harus dilakukan cuci darah (dialysis).

''Pada gagal ginjal kronik , umumnya harus dilakukan cuci darah seumur hidup atau menjalani transplantasi ginjal,''ujarnya.

Ia mengatakan, pencegahan penyakit gagal ginjal dapat dilakukan antara lain mengatasi penyakit penyebab. Bila kita menderita diabetes atau hipertensi, harus ditangani dan dikendalikan dengan seksama. Bila terdapat batu ginjal harus dikeluarkan dengan segera. Bila sering terjadi infeksi ginjal harus diobati dengan tepat.

''Sebaiknya tidak menggunakan obat semaunya, karena bannyak sekali obat yang diketahui merusak ginjal ,termasuk obat anti sakit dan obat rematik serta jamu-jamuan yang biasa dijual bebas di warung-warung,''tukasnya.



--------------------------------------...



Selain itu ada langkah-langkah yang harus ditempuh agar bisa terhindar dari penyakit Degenatif yakni dengan mengubah gaya hidup lebih sehat. Seperti halnya menurunkan BB (berat badan), tidak mengkonsumsi alkohol, diet sodium, menghindari asupan asam lemak jenuh dan kolesterol, mengatur asupan kalium dan magnesium, meningkatkan aktivitas fisik dan hindari rokok



( Humas RSMH)


Share