Artikel

Rabu, Jam: 10:52:18 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi artikel disini..



                          Cegah Gagal Ginjal



            Dr dr Zulkhair Ali SpPD K-GH FINASIM ( RSMH Palembang)



 



 



 GINJAL merupakan organ penting yang berfungsi menyaring darah dan membuang kelebihan air atau cairan yang tidak dibutuhkan tubuh. Ketika gangguan ginjal pada stadium, 1-4 gejalanya tidak terasa. Namun ketika sudah stadium 5 atau gagal ginjal/ ginjal kronis, maka akan timbul berbagai gejala.



 



 



Ketika ginjal tidak bekerja dengan baik, zat-zat sisa dan racun tidak dapat dibuang dan akan menumpuk dalam tubuh. Akibatnya, penderita tidak enak badan, berat badan naik, sesak napas, kejang, tangan dan kaki juga bisa membengkak karena cairan tidak dapat dikeluarkan dari tubuh. “Hingga menyebab-kan kematian,”



 



Jika sudah kena gagal ginjal, pasien harus sering cuci darah, minimal dua kali seminggu. Bahkan, menurut data sepanjang 2017, kunjungan pasien gagal ginjal tertinggi di RSMH Pa-lembang, yakni 19. 216 kali“Penyebab penyakit ginjal ini bisa berawal dari kencing manis, darah tinggi, radang ginjal, infeksi, batu ginjal, makan makanan di luar kontrol, dan lainnya. Begitu juga dengan sering minum obat sembarangan juga berpotensi menyebabkan gagal ginjal.



 



 



Agar ginjal selalu sehat, seseorang harus menekan faktor risiko atau penyebab. Diabetes dan tekanan darah tinggi (hipertensi) merupa-kan dua musuh terbesar bagi ginjal. Tekanan darah dan kadar gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah kecil yang ada di ginjal dan bagian tubuh lain.



 



 



“Semuanya dimulai dari pola didup sehat. Bagi penderita hipertensi dandibetes, agar membatasi konsumsi makanan berle-mak. Selanjutnya membatasi garam. Namun, jika belum terkena diabetes maupun hipertensi, jaga gula darah, cek gula darah secara rutin, jaga tensi, dan gula darah agar tetap normal.



 



Banyak minum air putih sebanyak 2-3 liter per hari Jangan khawatir kalau jadi



sering buang air kecil karena itu justru cara tubuh       baik  itu justru cara tubuh membuang zat sisa dan racun sebelum zat-zat        tersebut mengendap dan



menjadi batu ginjal. Dengan banyak minum, ginjal akan  terhidar dari infeksi dan an radang



 



Jangan sembarang minum obat tenpa anjuran dokter, baik obat herbal maupun



nonherbal. “Juga jangan menambah zat-zat kimia, seperti pewarna formalin dan



lainnya pada makanan.



 



Jika ingin ginjal tatap sehat, berhenti merokok. Lalu, rutin melakukan pemeriksaan



kesehatan. “Cek kesehatan diri 1 kali dalam 1 tahun. Namun untuk usia di atas 50



tahun, sebaiknya cek up dua kali setahun



 



 



 


Share