Artikel

Sabtu, Jam: 20:32:38 WIB By admin Dibaca 1

Kenali Stres



Stres adalah reaksi seseorang baik secara jasmani maupun secara kejiwaan atau prilaku apabila ada tuntutan terhadap dirinya. Tuntutan tersebut dapat berasal dari dirinya sendiri maupun dari dari lingkungan.



 



 



Penyebab Stres



1.  Penyebab Fisik



     •   Suhu dingin atau panas



     •   Suara bising, dll.



 



2.  Penyebab kejiwaan



     •   Konflik



     •   Tekanan, dll.



 



3.  Penyebab sosial budaya



     •   Kesulitan hubungan sosial



     •   Masalah pekerjaan (Pengangguran, Pensiun, PHK)



     •   Perpisahan, peceraian, atau kematian



 



Dampak Stres



Reaksi seseorang terhadap stres berbeda–beda. Stres berpengaruh terhadap keadaan jasmani dan kejiwaan.



1.  Reaksi yang bersifat jasmani



     •   Jantung berdebar – debar



     •   Otot – otao tegang



     •   Sakit kepala, sakit perut



     •   Gangguan makan



 



2.  Reaksi yang bersifat kejiwaan



     •   Cemas, kuatir berlebihan, takut



     •   Mudah tersinggung



     •   Sulit memusatkan pikiran



     •   Bersifat ragu – ragu



     •   Merasa kecewa, rendah diri, pemarah dan agresif



 



Kiat – kiat menghadapi stres



1.  Peliharalah kesehatan



Pelihara kesehatan fisik anda, makan dengan gizi seimbang, beraktivitas fisik selama 30 menit sehari, tidak merokok dan istirahat yang cukup dan hindari narkoba.



 



2.  Rencanakan masa depan anda dengan lebih baik



Gunakan dan kelola waktu dengan sebaik – baiknya.



 



3.  Hindari membuat beberapa keputusan besar sekaligus



Setiap perubahan membuat stres, yang membuat  perubahan besar dalam waktu berdekatan.



 



4.  Ubahlah sesuatu yang dapat diubah dan terimalah sesuatu yang tidak dapat diubah



Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan. Terimalah diri anda dan lingkungan sebagaimana  adanya.



 



5.  Berbuat sesuai dengan minat dengan kemampuan



 Jangan melakukan pekerjaan karena keberhasilan orang lain, sementara anda sebenarnya tidak mampu mencapainya.



 



6.  Berfikir positif



 Cari penyebab pikiran atau perasaan anda yang negatif dan upayakan untuk mengatasinya



 



7.  Relaksasi



Bersantailah sedikit, cobalah berekreasi dengan orang – orang terdekat (keluarga dan sahabat)



 



8.  Kembangkan hobi atau minat terhadap suatu pekerjaan yang disenangi



Laksanakan kegiatan yang anda sukai seperti nyanyi, melukis, memancing, dan berenang.



 



9.  Kenali kemampuan dan potensi diri dengan baik



Seseorang akan menjadi lebih bahagia bila mengetahui bahwa dirinya mampu melakukan sesuatu yang berguna, yakinlah setiap orang diciptakan dengan kelebihan masing masing yang belum tentu dimiliki oleh orang lain.



 



10. Ekspresikan kesedihan, kekhawatiran, kegelisahan dalam berbagai bentuk



Coba berbicara pada orang lain, menyanyi, tertawa, menangis, atau menulis.



 



11. Tingkatkan iman dan takwa



Mengikuti kegiatan keagamaan, beribadah bersama dan selalu mengingat kuasa Tuhan dalam menjalani kehidupan.



 



 



Sumber: DEPKES RI Pusat Promosi Kesehatan



 


Share