Artikel

Sabtu, Jam: 20:55:49 WIB By admin Dibaca 1

Trend, Takaran, dan Manfaat Berolahraga



Kesehatan adalah kebutuhan dasar bagi semua orang dimanapun berada. Kesehatan merupakan unsur penting bagi kehidupan manusia. Dengan kesehatan yang dimilikinya, setiap individu berpotensi mampu menjangkau diri sebagai sosokyang berkualitas.



 



 



TREND OLAHRAGA SAAT INI



Telah menjadi trend saat ini bahwa sebagai mana besar masyarakat berolah raga, namun demikian mereka berolahraga tanpa mengetahui takaran olah raga yang tepat, sehingga sering terjadi cedera.



 



APA MANFAAT BEROLAHRAGA



Olahraga yang dilakukan dengan baik, benar, teratur, terukur dan terprogram mempunyai manfaat antara lain:




  1. Meningkatkan kerja dan fungsi jantung, paru dan pembulu darah, sehingga membantu menghasilkan tenaga untuk aktivitas rutin.

  2. Meningkatkan kelenturan pada tubuh, sehingga mengurangi cedera.

  3. Meningkatkan kekuatan otot dan kepadatan tulang

  4. Meningkatkan metabolisme tubuh untuk mencegah kegemukan dan mempertahankan BB ideal

  5. Menurunkan tekanan darah pada penderita dengan TD meningkat

  6. Mengurangi lemak tubuh

  7. Mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung kardioveskuler

  8. Meningkatkan sistem imunitas

  9. Mengontrol kadar gula darah

  10. Membantu mengatasi stres



 



BAGAIMANA, BEROLAHRAGA YANG BAIK DAN BENAR




  1. Semua orang dapat berolahraga

  2. Dapat dilakukan dimana saja, misalnya: dirumah, ditempat kerja dan dilapangan

  3. Kenalilah kondisi kesehatan dan kebugaran anda sebelum berolahraga dengan melakukan tes kebugaran jasmani setiap orang mempunyai kemampuan berbeda-beda

  4. Lakukan olahraga yang digemari, berganti – ganti supaya tidak membosankan, aman dan mudah serta murah

  5. Lakukan latihan secara teratur 3- 5 kali perminggu dengan waktu antara 1/2  - 1 Jam

  6. Berolahraga sesuai takaran :

    • Denyut nadi maksimal (DNM),  DNM = 220 Umur

    • Intensitas ringan 60-70% DNM





 



TAKARAN LATIHAN OLAHRAGA




  1. Hitunglah terlebih dahulu dengan nadi maksimal (DNM) yaitu 220 - umur, misalnya umur 40 tahun, maka DNM 220 – 40 = 180 X/mnt

  2. Frekwensi = 3 - 5x/Minggu, berselang seling 1 hari

  3. Intensitas latihan

    • Aerobik: Denyut nadi mencapai 70-85% x DNM

    • Menurunkan lemak tubuh denyut nadi mencapai 60-70% x DNM dengan latihan lebih 1 jam



  4. Lama latihan rata – rata 30 – 60 menit

  5. Tata cara berolahraga

    • Pemanasan / peregangan + 10 menit

    • Latihan inti + 20 – 30 mnt

    • Pendinginan / peregangan + 10 menit





 



 



Sumber:   Balai Kesehatan Olahraga & Kebugaran    Masyarakat (BKOKM) Prov. Sum-Sel


Share