Artikel

Kamis, Jam: 15:33:52 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin,



test artikel



RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi artikel disini..



 



10 KEAHLIAN YANG HARUS DIMILIKI PRAKTISI HUMAS



Keahlian yang harus dimiliki praktisi humas ata staf public relations (PR) utamanya keterampilan komunikasi lisan (public speaking) dan komunikasi tulisan (menulis, writing skills).



Berikut ini keahlian yang harus dimiliki praktisi humas menurut Cutlip, Centre, dan Broom dalam Effective Public Relations dalam Komunikasi Antar Pribadi karya Dra. Yusriah Nasution, M.Pd.



 







TOP 10 PR SKILLS - 10 KEAHLIAN HUMAS



1. Writing (Menulis)

Menulis adalah keahlian utama yang harus dimiliki seorang praktisi humas atau petugas PR. Bukan sekadar tulis-menulis sembarangan; tulisan harus memuat unsur "green journalism".



Tulisan yang biasa dibuat oleh seorang petugas PR bentuknya sebagai siaran berita atau rilis pers (press release), "surat berita "(newsletter), korespondensi, laporan, buklet, naskah pidato, naskah radio dan TV, skrip film, artikel majalah dan buletin, informasi produk, dan sebagainya.



2. Editting (Mengedit)

Memeriksa komunikasi internal dan eksternal dalam bentuk publikasi.



3. Media Relations (Hubungan dengan Media)

Hubungan dengan media, memberikan informasi, menanggapi permintaan informasi.



4. Special Events (Kejadian khusus)

Merancang dan menangani konferensi pres, pameran, open house, perayaan ulang tahun perusahaan, pengumpulan dana, konteks, penghargaan, dan sebagainya.



5. Speaking (Berbicara)

Berbicara mewakili organisasi atau merancang penampilan orang lain dihadapan publik.



6. Production (Produksi)

Berkomunikasi dengan menggunakan keterampilan dan pengetahuan tentang multi media; termasuk seni fotografi, layout brosur,buklet, iklan institusional, publikasi periodikal, rekaman dan audit suara serta video tape, presentasi audio visual, dan lain-lain.



7. Research (Penelitian)

Mengumpulkan informasi sehingga memudahkan organisasi untuk merencanakan program sesuai kebutuhan publik, monitoring efektivitas program Humas selama pelaksanaan dan evaluasi dampaknya.



8. Programming & Counselling

Program dan bimbingan yang menentukan kebutuhan, prioritas, tujuaj, publik, sasaran dan strategi, bekerja sama dengan manajemen atau klien untuk proses pemecahan masalah.



9. Training

Melatih atau bekerja sama dengan wakil-wakil organisasi untuk membuat persiapan menghadapi media, presentasi dan pemunculan publik lainnya.



10. Management

kegiatan administrasi operasi fungsi Humas, personalia, keuangan dan program.



Demikian sejumlah keahlian (expertise) atau keterampilan (skills) yang harus dimiliki praktisi humas atau staf PR modern.*



Sumber..( Humas PR Modern 4 juli 2016 ) foto.. Lokasi Humas RSMH Palembang



 


Share