Artikel

Rabu, Jam: 19:35:37 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi artikel disini..



INSTALASI RADIOLOGI RSUP DR. M. HOESIN PALEMBANG



Salah satu unit kerja di RSUP Dr. Mohammad Hoesin adalah Instalasi Radiologi yang merupakan unit pelayanan Radiodiagnostik dan Radioterapi.


Instalasi radiologi sebagai salah satu penunjang diagnostik memiliki peranan yang besar dalam menentukan diagnosa suatu penyakit, disamping adanya resiko bahaya karena penggunaan sumber radiasi pengion dan atau sumber radiasi aktif lainnya, baik terhadap pekerja pasien maupun lingkungan. 


Pelayanan di Instalasi Radiologi terdiri dari 2 sub pelayanan yaitu Sub Radiodiagnostik dan Sub Radioterapi, meliputi :


<>1.Sub Radiodiagnostik saat ini telah menjadi Center of Digital Radiology (Pusat Radiologi Digital) yang dapat melayani semua jenis pemeriksaan diagnostik  dengan radiasi pengion, menggunakan


Computed Radiography (CR)


- Digital Radiography and Fluoroscopy (DRF)


- Multi Slice Computed Tomografi (MSCT) 16 slice dan 128 slice


- Mammografi


- USG 3-Dimensi dan Doppler


-Magneted Resonance Imaging (MRI) 0,4 Tesla dan 1,5 Tesla.


 Didukung oleh teknologi Radiology Information System, yaitu Picture Archiving Communication System (PACS) yang menghubungkan Sistem Informasi Rumah Sakit dengan Radiologi. Hal ini memberikan kemudahan bagi para pengguna jasa radiologi dalam mengakses hasil pemeriksaan.


<>2.Sub Radioterapi memberi pelayanan radiasi eksterna yaitu pengobatan penyakit keganasan / kanker dengan menggunakan Radiasi pengion Cobalt-60 dari luar tubuh, dengan menggunakan teknik 2D-RT (2-Dimensional Radiation Therapy) dan 3D-CRT (3-Dimensional Conformal Radiation Therapy). Teknik 3D CRT menggunakan CT Simulator untuk mendapatkan gambaran volume tumor secara detail dengan rekonstruksi planning 3 dimensi pada komputer software TPS (Treatment Planning Sytem)  sehingga efek samping radiasi minimal dan dosis tumor maksimal.#humas(sumber:radiologi)

Share