Artikel

Senin, Jam: 12:45:29 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi artikel disini..



Yenita ( Ahli Gizi RSMH).


Diet pada pasien Gagal Ginjal Kronis dalam terapi Hemodialisa(HD)


 


Gagal ginjal adalah kondisi dimana ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring cairan dan sisa-sisa makanan. Saat kondisi ini terjadi, kadar racun dan cairan berbahaya akan terkumpul di dalam tubuh dan dapat berakibat fatal jika tidak diobati.


 


Ginjal adalah sepasang organ yang berbentuk menyerupai kacang yang terletak pada punggung bagian bawah. Fungsi utamanya adalah untuk menyaring racun dan sisa-sisa makanan dan mengirimkannya ke usus, untuk kemudian dibuang melalui air kemih


 


Bagi anda yang pernah mengalami gagal ginjal tentu harus lebih menjaga pola makan karena diketahui bahwa beberapa makanan bisa memperparah penyakit ginjal yang dialami. Penderita Gagal Ginjal tidak disarankan mengonsumsi banyak buah dan sayur. Meski buah dan sayur adalah makanan yang baik untuk orang sehat, namun untuk penderita ginjal makanan ini akan berpotensi memperparah kesehatan anda.


 


Penderita gagal ginjal harus mengetahui kandungan buah dan sayur yang mereka makan. Jangan sampai mengkonsumsi jenis buah dan sayur yang mempunyai kadar Kalium (Potassium) yang tinggi. Hal tersebut diketahui dapat mengganggu irama jantung.


 


untuk penderita gagal ginjal kronis, harus menjalani diet dengan beberapa tujuan mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh dan menjaga agar Pasien Gagal Ginjal tetap dapat beraktivitas seperti orang normal dan  juga melakukan diet agar status gizi optimal serta  mengontrol BB (mencegah kenaikan berat badan berlebih inter-dialisa), mencegah perburukan komplikasi


 


Prinsip-prinsip :


1. Cukupi kebutuhan energi sehari (kebutuhan energi setiap individu berbeda.


2. Tinggi protein, oleh karena itu pasien HD masih dianjurkan mengkonsumsi sumber protein hewani maupun nabati (porsi-nya sesuai kebutuhan individu per hari), diskusikan dengan Ahli Gizi/Dietisien anda untuk kebutuhan protein sehari.


3. Hindari makanan tinggi garam dan tinggi kalium.


4. Cukupi kebutuhan serat, untuk mencegah kesulitan BAB (buang air besar), sumber serat ; sayuran,buah, dan agar-agar.


5. Cukupi kebutuhan cairan sehari, diskusikan dengan Dokter/Ahli Gizi/Dietisien Anda berapa total kebutuhan air putih sehari.


 


Diet pada HD sesungguhnya bersifat individual, karena diperlukan akurasi berdasarkan kondisi klinis terkini, diantaranya adalah kenaikan BB, data laboratorium, keluhan pasien misal kurang nafsu makan/mual/muntah dsb. Oleh karena itu setiap pasien HD perlu kontrol rutin ke Dokter dan Ahli Gizi/Dietisien.


 


Penderita Gagal Ginjal sebaiknya juga mengurangi konsumsi makanan yang sudah diawetkan seperti ikan asin, cornet, abon, buah dan sayur dalam kaleng, keju dan susu yang diawetkan diketahui dapat memperparah penyakit ginjal Agar ginjal tetap sehat tentu anda harus melakukan pola hidup sehat, berhenti merokok dan minum alkohol, menjaga tekanan darah dan gula darah, melakukan medical cek-up secara rutin


( Emma-Sumber : gizi dan dietetic)

Share