Artikel

Jumat, Jam: 10:07:25 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi artikel disini..



  Dian Nopra Putri (RSMH )



                         Invisible Team



Apakah anda sering mendengar istilah sebuah tim "Team"?? pasti jawabannya Ya. Tapi bisakah anda mendeskripsikan makna dari sebuah tim? jika bisa silakan tinggalkan artikel ini, tapi yg belum tau dan belum bisa yuk kita sama - sama mendeskripsikannya.



 



Apakah tim itu sebuah kelompok??hmm..bisa jadi!! Tapi tidak hanya mengelompok saja lantas bisa dikatakan sebuah tim. Tim yg sejati dan benar hakikatnya adalah mereka yg mengelompok dan harus juga memiliki satu tujuan yang sama.Tujuan yg samapun tidak cukup untuk membentuk yg dinamakan Tim. Tetapi tiap-tiap anggota tim harus bisa dan wajib bertanggung jawab serta menuntaskan tugasnya masing-masing sebagai anggota tim.



 



Yuk Kita ambil contoh seperti pada tim sepak bola yg sering kita tau. Mereka terdiri dari sekumpulan orang yang mempunyai tujuan yg sama yaitu "Menang" dan bertanggung jawab atas tugas masing-masing agar bisa meraih kemenangan Tim sepakbola yg baik adalah mereka tidak peduli siapa yang mencetak gol,yang terpenting /=bagi mereka adalah  MENANG.Karena mereka menyadari untuk dapat menciptakan gol kemenangan adalah berkat sumbangsi dari masing-masing anggota tim.Itu jelas dan harus!! Bagaimana?  Apakah  kita  sudah  memahami  arti  dan  makna  dari  kata  sebuah  Tim?



 



Jika sudah kita lanjutkan dengan tujuan artikel ini..



 



Ternyata Tim itu banyak jenisnya lho.. mereka tadi adalah tim sepakbola, ada juga tim volly, dll.Tapi tahukah kita bahwa di sekitar kitapun ada tim yg belum tentu kita tau dan kita sadari. Padahal tim itu adalah tim dimana kita berharap besar dapat memenuhi doa dan asa kita. Siapakah Tim itu?



 



Yaitu Tim yang ada di dunia Kesehatan khususnya rumah sakit. Merekalah "the invisible team", yaitu tim yg kadang kita tidak bisa melihat dan menyadari, tetapi kita mendapatkan manfaat dari tim tersebut. Penulis dalam artikel ini hanya akan mengambil satu dari sekian banyaknya tim yg ada di kesehatan khususnya di rumah sakit kita tercinta ini. Di dalam ruang  operasilah     mereka           berada!!!



 



Pernahkah anda   mengantarkan          anggota         keluarga tercinta untuk berobat ke rumah sakit?? dan jalan yg harus ditempuh adalah dengan operasi, apalagi operasi yg dilakukan tergolong beresiko?? Siapakah yg kita andalkan?? TUHAN, dengan berdoa ITU PASTI. Tapi di dalam ruang operasi itulah "the invisible team" itu berada dan sangat kita mengandalkannya.



Benarkah??



 



Ya karena kita tidak tahu lagi dengan itu sebab bisa saja kita hanya mengantarkan keluarga kita sampai pada pintu masuk ruang operasi saja. Bayangkan jika yg ada didalam hanya sebuah kelompok bukan sebuah TIM?? Tetapi karena kita yakin mereka adalah sebuah tim maka dari itu kita mempercayakan anggota keluarga kita bersama mereka dan kita hanya bisa berdoa.Dan setelah tujuan yg dicapai oleh TIM itu berhasil artinya kesembuhan bagi keluarga kita, apakah penting bagi mereka untuk memuji masing-masing diri? Tidak.



 



Kebahagiaan keluarga dan keselamatan pasienlah yg terpenting diatas segalanya. Benarkah?? Surely Yes. Ya benar, karena merekalah salah satu dari "The Invisible Team" yg ada disini.



 



Apakah hanya ada di ruang operasi??tidak, ada pula tim di ruang VK(bersalin), ruang perawatan, laboratorium dan masih banyak lagi. Sedari itu mudah-mudahan kita bisa menyadari akan pentingnya mendukung kerja mereka. Dan semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT.


Share