Artikel

Senin, Jam: 09:41:57 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi artikel disini..



TUMOR MATA



dr.H.Ibrahim, Sp.M (K)



Dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia terdapat 14 Rumah Sakit Rujukan Nasional salah satunya adalah Rumah Sakit Umum Pusat Dr.Mohammad Hoesin Palembang, dengan salah satu program unggulannya adalah penanganan PENYAKIT  TUMOR pada manusia.Dalam arti kata bahwa semua kasus tumor yang ada akan dapat dilakukan pengobatan sampai tuntas di Rumah Sakit Mohammad Hoesin ini dan penderita tidak perlu lagi dirujuk ke tempat lain misalnya rumah sakit di pulau Jawa, oleh karena semuanya sudah dapat dilakukan di rumah Sakit  ini.



Wartawan RSMH berkesempatan mewawancarai salah satu narasumber untuk penyakit Tumor Mata ini beliau adalah dr.H.Ibrahim, Sp.M (K). Ditemui diruangan kerjanya di Departemen Mata dokter yang murah senyum ini mengatakan bahwa Tumor ganasatau KANKER di Indonesia saatinimempunyaikecenderunganprevalensinya yang meningkat. Dari data yang ada padatahun 2008 di rumahsakitseluruh Indonesia , penyakitkankermenyebabkan 4.332meninggaldengancase fatality rate (CFR)  4,70 %. Setiaptahunnya 100 kasusbaruterjadidiantara 100.000 jiwa penduduk.Meningkatnyapenggunarokok(57 juta orang), konsumsialkohol, kegemukanatauobesitas, penggunaanbahankimiakarsinogenikdalammakanan, kurangnyaaktifitasfisik/ olahragajugaberperandalampeningkatanankejadiankanker di INDONESIA. Tumor dariseluruhtubuhmanusiamenurutpenelitianOemiati at al tahun2011 , tumor padamata ,otak,dan system sarafpusat(SSP) mempunyaiangka 3,8-8,5 persendariseluruhkejadian tumor yang ada.



Tumor ganasatau KANKER padamanusiamerupakanpenyakitpenyebabkematiankedua yang memberi kontribusi 13 persenkematiandari 22 persenkematianakibatpenyakittidakmenularutama di Indonesia. Dampakpenyakittidakmenularkhususnyapenyakit kankerterhadapketahanansumberdayamanusiasangatbesarkarenaselainmenyebabkankesakitandankematianjugamenurunkan produktivitas.Angkakesakitandankematiantersebutsebagianbesarterjadipadapendudukdengansosialekonomimenengahkebawah.



                Tumor matamerupakanpenyakitdenganmultifactoryang terbentukdalamjangkawaktulama  danmengalamikemajuanmelalui stadium berbeda-beda.Faktornutrisimerupakansatuaspek yang sangatpenting,komplek,dansangatdikaitkandengan proses patologis tumor.Secaraumum,totalasupanberbagailemak (tipeyang berbeda-bedadariversilemak) bisadibandingkandenganpeningkataninsiden tumor mata.Infeksi virus sepertipadaPapilomadanneoplasiaintraepitelpadakonjungtivajugamerupakanpenyebabutama.Selainituradiasisinar  Uv jugamenyebabkanterjadinya tumor padabagiantertentu di mata.



Tumor  mata  meliputi tumor jinak dan tumor ganas yang dapat meyebabkan gangguan penglihatan ringan sampai berat bahkanpada tumor ganas mata dapat menyebabkan kematian.



Berdasarkanposisinya tumor mata/orbitadi kelompokkansebagaiberikut :                           



 a) Tumor external yaitu tumor yang tumbuh di bagianluarmataseperti:




  • Tumor palpebrayaitu tumor yang tumbuhpadakelopakmata, misalnyakankerSel Basal (Basalioma).

  • Tumor konjungtivayaitu tumor yang tumbuhpadalapisankonjungtiva yang melapisimatabagiandepan (misalnyaKarsinomaSelSkuamosa.).



  b) Tumor intraokuleryaitu tumor yang tumbuhdidalam bola mata



Contoh:Retinablastoma(RB).Jenisiniadalah tumor ganas retina danmeruparkan tumor primer bola mataterbanyakpadaanak.  



c)Tumor retrobulberyaitu tumor yang tumbuhdibelakang bola mata.



 



Mengakhiri  perbincangan kami siang itu dr.H.Ibrahim mengatakan bahwa   penatalaksanaan dinidanefektifdarikasus tumor padaumumnyadankhususnya tumor di matadansekitarnyatergantungdariketepatandiagnosanya.Doktermata yang berpengalaman ,ditunjangsaranadanprasarana yang mutakhirdiharapkanangkakesakitandankematianakibat tumor matainidapatditekanseminimalmungkin.



Harapan dokter sama dengan harapan kita semua yaitu  menurunkan angka kesakitan dan kematian, RSMH terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik dan bermutu. Tentunya ini perlu dukungan dari semua pihak dan berbagai lapisan masyarakat.



S    semoga informasi dari kami bermanfaat yaa...terus hidup sehat..!!



 



 



 



 



 



 



 



 



 


Share