Artikel

Rabu, Jam: 22:00:12 WIB By admin Dibaca 1
Melihat Persiapan Menu RSMH di Moment Lebaran


Menu Khas Lebaran, Tetap Ikuti Standar Diet


 


            Di momen Lebaran, RSMH Palembang berusaha menciptakan nuansa hari raya di RS. Supaya pasien rawat inap tetap bisa merasakan berlebaran layaknya di rumah.


Menu khas Lebaran pun disiapkan. Seperti apa?


 


            BEBERAPA karyawan RS Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang tampak sibuk menyiapkan menu makanan pasien di dapur RS, kemarin (13/6) siang. Terlihat di sana ada menu ayam goreng, tempe, sop, dan lainnya. Ada pula yang mengangkat logistik bahan pangan, dan menyusunnya di rak.


            Kepala Instalasi Gizi RSMH Palembang, Maya Ija SST MPH RD juga terlihat ikut mengecek makanan di sana. “Setiap hari, menu rutin kita siapkan untuk pasien,” jelas dia, kemarin. Tetapi di hari raya Idulfitri selama 3 hari, 15-17 Juni 2018, ada yang lebih khusus.


 


            “Kita siapkan makanan khas Lebaran untuk pasien. Ya seperti lontong, ketupat rendang daging, semur, opor ayam, dan lain sebagainya,” ujarnya. Tujuannya tak lain agar pasien dan keluarganya dapat merasakan suasana Lebaran layaknya di rumah, "Jadi pasien tak merasa seperti terkucilkan sendiri di RS, karena hanya bisa berlebaran di ruang rawat inap," ujarnya.


 


            Walaupun demikian, dalam proses memasak menu khas tersebut, pihaknya tetap mengikuti standar diet atau sesuai anjuran dokter. "Itu juga mengikuti kebutuhan asupan pasien," kata dia. Menu lebaran tersebut juga diatur dengan pertimbangan matang, karena meminimalkam resiko bahan makanan rusak jika ada sayur yang berdaun. Adapun makanan yang akan disiapkan bagi pasien dengan diet biasa atau tidak diet seperti lontong, opor ayam, rendang daging dan nasi.


 


"Sedangkan pasien yang berdiet yakni nasi atau bubur, lontong, sup ayam, semur daging dan sebagainya dimodifikasi sesuai dengan anjuaran dokter. Makanan lunak bubur yg berdiet khusus tetap diberikan sesuai standar dietnya,"  tambahnya. Dengan begitu, diharapkan bisa memberikan kenyamanan kepada pasien dan keluarganya, serta dapat mengibur pasien untuk merasakan Lebaran bersama.


 


Lebih jauh Maya menjelaskan, instalasi gizi di RSMH melayani 4 kegiatan yaitu penyelenggaraan makanan dan dietetik, asuhan gizi rawat inap, asuhan gizi rawat jalan, penelitian dan pengembangan. "Jadi walaupun menyediakan menu khusus Lebaran, kami tetap menyelenggarakan makanan dan dietetik, serta asuhan gizi rawat inap seperti biasa," pungkasnya. 


 


( Media RSMH)

Share