Artikel

Senin, Jam: 20:22:04 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi artikel disini..



Jangan Sikat Gigi Terlalu Kuat 


                                                                                         drg.Billy Sujatmiko SpKG


                                                                                         (RSMH Palembang)


 


 Apabila sering dihantui rasa ngilu atau sakit yang menusuk ketika mengonsumsi makanan dingi, panas atau asam , hingga terlalu manis , mungkin anda mengalami gigi sensitip. Kondisi gigi ini tidak jarang ditemukan di Indonesia. Penderitanya kebanyakan pria dan wanita berumur di atas 20 tahun.


 


 Rasa ngilu pada gigi ini bukan di sebabkan bakteri atau plak, melainkan karena perubahan struktur gigi. Mungkin anda tidak sadar dan selalu mengira bahwa struktur gigi anda baik-baik saja, tapi coba perhatikan lagi gaya hidup anda setiap hari. Apakah anda menyikat gigi keras-keras? Atau anda suka menyikat gigi dengan sikat yang bulunya sudah mekar,


 Menyikat gigi terlalu keras, bulu sikat gigi yang kasar atau sudah mekar, dan menggeretukkan gigi membuat lapisan email gigi terkikis. Jika lapisan email gigi menipis, dentin gigi jadi terbuka. Akibatnya, saraf di dalam dentin gigi mudah bereaksi ketika kontak dengan makanan atau minuman yang dingin seperti es krim. Bagi penderita gigi sensitif, rasa ngilu bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Saat makan siang di kantor, makan malam bersama pasangan, saat hangout bersama teman di akhir pekan atau saat kumpul keluarga di hari istimewa. 


 


Maka itu, sangat penting untuk melindungi kondisi gigi sensitif supaya Anda terbebas dari rasa ngilu saat menikmati makanan dan minuman enak. Biasanya gigi sensitif menimbulkan rasa ngilu yang tajam. Jika sudah terjadi seperti ini, manakala harus diketehaui terlebih dulu factor penyebabnya, seperti dominan dikarenakan ada bagian gigi yang terkikis, di arah dekat pipi, dan bibir luar. “Jika menyikat gigi terlalu keras, lapisan email gigi akan semakin menipis dan memperburuk gigi di usia tua nanti. Terkena minuman panas atau dingin pun akan membuat gigi sakit. 


                                                          


Gigi sensitif adalah rasa ngilu yang tajam. Jika sudah terjadi seperti ini, maka harus diketahui terlebih dahulu factor penyebabnya. Tapi dominan di karenakan ada bagian gigi yang terkikis, di arah dekat pipi dan bibir luar yang disebut daerah bukal. 



 


Jika kita menyikat gigi terlalu keras, lapisan email gigi akan semakin menipis dan memperburuk  kondisi gigi di usia tua nanti. Jika sensitivitas gigi meningkat, gigi akan semakin sesitif, terkena minuman yang terlalu panas atau dingin pun akan membuatnya sakit,” ujar drg.Billy Sujatmiko SpKG dari Rumah sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, kemarin.  Menurut pria yang akrab disapa Billy itu, daerah lengkung gigi seperti halnya gigi taring adalah yang mengalami tekanan besar. Orang cendrung lebih kencang saat menggosok bagian tersebut, sehinggah berpontensi membuat email gigi terkikis dan dentin terekspos. 


   


Pengunaan  pasta gigi khusus gigi sensitif bukan untuk menyembuhkan tetapi untuk menghilangkan rasa ngilu sesaat dan akan kembali lagi pada waktu tertentu. Ntuk itu sangat di anjurkan utnuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi serta melakukan perawatan gigi yang benar.


Share