Artikel

Kamis, Jam: 19:01:25 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi artikel disini..



Wajah Harus Dibersihkan Secara Teratur



                          dr. Indah Permata Sari SpKK ( RSMH Palembang)



 



Tak selamanya wajah dengan kulit berminyak itu merugikan.Peningkatan produksi minyak pada kulit juga dapat dipicu oleh factor psikologis, seperti stress, kecemasan, dan sebagainya.



Jjika prosduksi minyak pada wajah terjadi peningkatan, banyak cara yang dapat untuk membuat wajah kembali segar. Seperti rajin menggunakan pembersih wajah (cleanser), rajin membersikan wajah secara teratur pada pagi dan malam hari adalah cara terbaik untuk mengatasi kulit berminyak.Dikatakannya, bersikan wajah dengan pembersi wajah berupa susu pembersih tampa waslap, karena waslp justru memacu pengeluaran minyak pada wajah lebih banyak lagi. Pembersih wajah yang banyak mengandung asam seperti benzoyl, peroxide, salicylic acid, glycolic acid, atau hydroxyl acid juga dapat meminimalisasi produksi minyak. “Zat-zat tersebut biasanya terkandung di dalam produk sabun pembersi wajah yang di jual bebas,” ungkapnya. Setiap orang umumnya memiliki tingkat kecocokan yang berbeda-beda untuk masing-masing produk pembersih wajah. “Untuk itu, cari dan gunakanlah jenis produk yang paling dirasa cocok bagi kulit wajah anda.Gunakan air hangat saat mencuci muka untuk mendapatkan hasil yang maksimal.



             Selanjutnya, gunakan toner. Apabila cleancer tidak membantu, pemilik wajah berminyak dapat menggunakan toner. Cairan toner cenderung dingin saat di gunakan dan dapat membantu mengurang mintyak pada kulit, dapat menggunakan toner pada daerah T yang berminyak seperti dahi, hidung, dan dagu. “Hindari penggunaan toner pada kulit yang cenderung tak berminyak, kerena akan mengakibatkan kulit menjadi terlampau kering dan memicu terjadinya produksi minyak yang berlebihan di area tersebut. Cara lain juga bisa di lakukan dengan memakai masker wajah. Serupa dengan clenser dan toner, masker wajah juga mampu mengurangi minyak di kulit sekaligus mengecilkan pori-pori. “Penggunaan masker sebaiknya dibatasi agar tidak terlalu sering digunakan , karena berisiko untuk membuat kulit wajah menjadi terlalu kering.Gunakan masker wajah sesekali saja jika anda ingin tampil lebih segar sebelum acara penting seperti pernikahan, dan sebagainya.



Penggunaan kertas minyak juga banyak manfaatnya, keuntungan kertas minyak adalah ia tidak akan menyebabkan kulit menjadi kering. Gunakan kertas minyak pada aera T selama 15-20 detik agar minyak terangkat sempurna.”Anda juga dapat menggunakan kertas minyak yang telah dilengkapi taburan bedak untuk membuat wajah kembali segar,” kata dia.Pelembab tak akan membuat kulit jadi makin berminyak. Pelembab tetap penting untuk digunakan meski memiliki kulit wajah berminyak. Untuk mengantisipasinya, dapat menggunakan pelembap bebas minyak (oil-freemoisturizer) untukmenghindari tampilan wajah yang mengkilat


Share