Berita

Rabu, Jam: 12:11:10 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi berita disini..




RSMH PALEMBANG TUAN RUMAH PENYELENGGARA MUKTAMAR ARSPI 2018





 





Salah  satu persyaratan Pendidikan Kedokteran adalah tersedianya Rumah Sakit (RS) Pendidikan Utama dalam jaringan lahan praktek yang kelayakannya sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam Panduan Pendidikan Kedokteran (Dirjen Dikti, 2002). Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah membentuk komite yang juga melibatkan Kementrian kesehatan dalam mengembangkan academic health antar rumah sakit yaitu Assosiasi RS Pendidikan Indonesia (ARSPI). Tahun 2018 ini RSMH Palembang menjadi tuan rumah penyelenggara MUKTAMAR ASOSIASI RUMAH SAKIT  PENDIDIKAN INDONESIA (ARSPI) pada tanggal 02 - 03 Maret 2018 di Hotel Horison Ultima Palembang dengan tema “Penguatan Kompetensi Dosen dan Fasyankes di Rumah Sakit Pendidikan Menyongsong UHC”. Sebagai Ketua Pelaksana Muktamar ARSPI Direktur Utama RSMH Dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH dan Wakil Ketua dr.Msy.Rita Dewi Arifin,Sp.A (K),MARS , Muktamar ARSPI akan diikuti oleh Rumah Sakit Pendidikan dan Fakultas Kedokteran se-Indonesia. Rangkaian acara Muktamar ARSPI meliputi Sidang Organisasi, Simposium Nasional, Workshop, Hospital Expo dan City Tour. Muktamar ARSPI direncanakan akan dibuka  oleh Menteri Kesehatan RI sekaligus memberikan Keynote Speech dan menghadirkan pembicara Simposium yaitu Sekretaris Jenderal Kemenkes RI, Dirjen Yankes Kemenkes RI, Dirjen Sumber Daya IPTEK dan Pendidikan Tinggi, Ketua KKI, Ka.Badan PPSDM, Ketua AIPKI, Direktur PKR, Pembicara Workshop Sesditjen Yankes RI, Direktur Utama RS PELNI, Guru Besar FK UGM, Direktur Utama RSCM, Direktur Utama RS Sardjito dan juga narasumber dari RSMH Palembang.  





Ketua umum ARSPI, Dr. dr. Anwar Santoso, Sp.JP(K)   mengatakan  Muktamar ARSPI ini diadakan untuk   peningkatan kualitas RS PTN dengan menggandeng Rumah Sakit Daerah sebagai penunjang sarana pendidikan. Selain itu, dalam upaya pengembangan Kemenristekdikti juga meminta manajemen RS Pendidikan  mengutamakan layanan pendidikan untuk para calon dokter, disamping kepentingan pasien.




RSMH Palembang sebagai RS Pendidikan utama regional Sumatera Selatan, hubungan yang erat antara RSMH Palembang dan FK UNSRI bagai senyawa yang tidak dapat dipisahkan dimana proses pembelajaran dan penelitian dilakukan bersama. Sesuai dengan Visi dan Misi RSMH Palembang sebagai RS  Pendidikan harus diwujudkan bersama dengan peningkatan kompetensi pendidikan dan pelayanan dan  berfokus pada pengembangan keilmuan dan pengetahuan medis


Share