Berita

Senin, Jam: 21:50:15 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi berita disini..



TRANSPLANTASI GINJAL KEEMPAT


DI RSMH PALEMBANG


 


Operasi Transplantasi ginjal yang keempat sukses dilaksanakan pada hari ini Senin (02/04/2018) di ruang Instalasi Bedah Sentral RSMH Palembang. Tim Transplantasi ginjal RSMH yang terdiri dari Nefrologi, ahli bedah Urologi dan Anestesi yang bekerjasama dengan Tim dokter dari RSCM Jakarta yang diketuai oleh DR.dr.Nur Rasyid,Sp.U.


Pasien bernama Joko Utomo usia 36 tahun yang menerima donor ginjal dari saudari kandungnya Harti berusia 51 tahun, keduanya merupakan warga desa Srikaton Buai Madang Timur  Tugu Mulyo Kab.Musi Rawas.


 


Menurut dr.Marta Hendri,Sp.U salah satu tim dokter RSMH mengatakan operasi transplantasi ginjal ini berjalan selama 3 jam. Kondisi pasien setelah operasi dinyatakan baik, pasien langsung BAK setelah menerima donor ginjal. Di kamar operasi pun tidak ada kendala yang berarti semua berjalan sesuai dengan prosedur. Pasien saat ini ditempatkan di ruang Rupit 2.1 sedangkan pendonor di ruang Kikim. Kemungkinan yang dikhawatirkan adalah  sistem kekebalan tubuh pasien akan merasakan bahwa ginjal baru adalah asing. Untuk menjaga tubuh pasien dari penolakan tersebut, pasien  harus menggunakan obat yang menekan respon kekebalan tubuh. 


 


Salah satu tim Nefrologi RSMH Palembang dr.Suprapti,Sp.PD,KGH menjelaskan, sebelum pasien menjalani operasi, pasien dan pendonor telah melalui serangkaian tes pemeriksaan kesehatan sehingga akhirnya diputuskan untuk dilakukan tindakan tranplantasi ginjal pada hari ini.Transplantasi ginjal adalah suatu prosedur yang menempatkan ginjal yang sehat dari orang lain ke dalam tubuh Anda. Satu ginjal baru ini mengambil alih pekerjaan dari dua ginjal Anda yang gagal. 


 


(Humas RSMH)

Share