Berita

Senin, Jam: 21:53:51 WIB By admin Dibaca 1
Dr. Syahril (Dirut RSMH) :

Kanker dapat dicegah dengan Pola Hidup Sehat dan Deteksi Dini


 


Direktur Utama RSMH Palembang Dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH.sebagai narasumse pada Acara Morning Tea with Cancer Survivors dengan tema : “Sehat tanpa kanker, Mitos & Fakta”. memberikan presentasi  tentang Layanan Kanker di RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang di hadapan para Survivor Kanker yg tergabung dalam organisasi CISC (Cancer Information and Support Center) bekerjasama dengan anggota DPD RI Abdul Aziz dan media cetak & elektronik di Lord Cafe& Resto  Jl. Sumpah pemuda No 8, Palembang.Rabu, 28 maret 2018 yang dihadiri oleh  masyakarat umum Kota Palembang dan survivors kanker Jumlah peserta 100 orang.


 



Minimnya pengetahuan masyarakat akan kanker, utamanya tentang pengobatan kanker yang benar, dan maraknya pemberitaan di media-media baik media elektronik maupun media cetak tentang berbagai pengobatan kanker sehingga membuat kebingungan masyarakat , dgn adanya kegiatan ini utk memberikan edukasi kpd masyarakat ttg pencegahan dan pengobatan kanker di RSMH serta fasilitas yg ada.


 


Dr, Syahril mengungkapkan bahwa RSMH Palembang telah mempunyai Pusat Pelayanan Penderita kanker.( Layanan Onkologi Terpadu ) Pelayanan kanker terpadu merupakan layanan unggulan yang mulai dirintis sejak triwulan I (satu) tahun 2014, pelayanan onkologi terpadu dijadikan sebagai salah satu program unggulan RSMH Palembang


 


Dengan dibukanya layanan Radioterapi, Kemoterapi terpadu,Layanan Palliative dan Perawatan di Rumah (Home Care Service)saat ini seluruh kegiatan terkait pelayanan kanker dapat dilakukan di RSMH, agar pelayanan ini dapat beroperasi dan memberikan pelayanan kemudahan kepada pasien.Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker, diantaranya mengkomsumsi makanan yang sehat, menambah suplemen yang baik, aktivitas yang sehat, olahraga teratur dan selalu berfikir positif.,tambahnya..!



Acara yang di Sponsori oleh Cancer Information & Support Center (CISC) adalah suatu organisasi sosial nirlaba, yang beranggotakan para pasien/mantan pasien, keluarga dan relawan kanker yang terbentuk & aktif sejak April 2003. Secara rutin  telah mengadakan kegiatan-kegiatan sosial secara gratis di bidang kanker antara lain berupa support group kanker, penyuluhan kanker pada masyarakat umum, penyediaan rumah singgah untuk pasien tidak mampu dan kegiatan lainnya yang bertujuan agar masyarakat lebih mengenal dan peduli kanker


 


Kanker menjadi salah satu pembunuh utama di dunia maupun di Indonesia.Menurut data WHO tahun 2013, kanker menjadi penyebab kematian nomor 2 di dunia setelah penyakit kardiovaskular, yakni sebesar 13%. Pada 2030 diperkirakan terdapat 26 juta kasus kanker baru yang muncul dan 17 juta kematian karena kanker di seluruh dunia, terutama di negara-negara miskin dan berkembang. Secara nasional, prevalensi penyakit kanker pada penduduk semua umur di Indonesia tahun 2013 sebesar 1,4 per mil atau diperkirakan sekitar 347.792 jiwa.


 


Setiap menit seseorang terdiagnosa menderita kanker di dunia. Padahal sebagian kanker bisa dicegah dengan Pola Hidup sehat dan deteksi dini. Kanker yang ditemukan pada stadium dini, dan diobati dengan cepat dan tepat akan menghasilkan angka kesembuhan yang lebih tinggi.


 


Setelah dilakukan kegiatan ini, peserta diharapkan mampu memahami tentang apa itu kanker, gejala, faktor risiko, serta pengobatannya. Sehingga peserta akan lebih mengerti dan hidup lebih sehat, dengan demikian akan mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat kanker di Indonesia.


( Humas RSMH )


RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi berita disini..


Share