Berita

Senin, Jam: 10:28:46 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi berita disini..



SOSIALISASI SPI RS DAN PERAN CODING DALAM PENCEGAHAN FRAUD



 SERTA PENGUMPULAN DATA COSTING RS



Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) bekerjasama dengan Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan (P2JK) Kementerian Kesehatan RI mengadakan kegiatan pengumpulan data Costing RS dalam rangka Updating Tarif INA CBGs 2018 dan sosialisasi SPI RS serta peran coding dalam upaya pencegahan fraud di RS. Kegiatan ini diselenggarakan di 8 (delapan) kota, salah satunya di daerah Sumatera Selatan. Direktur Utama RSMH Palembang yang juga menjabat sebagai Ketua Persi Sumsel Dr.Mohammad Syahril mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah agar RS dapat menyajikan data yang berkualitas untuk kepentingan update tarif INA CBGs dan Memberikan pemahaman tentang hal-hal terbaru costing INA CBGs serta rencana pengembangannya.


 


 






Ketua Panitia pelaksana Dr.Devi Azri Wahyuni, Sp.M (K) mengatakan kegiatan ini berlangsung selama 2 hari (5/6 april) di auditorium RS RK Charitas Palembang. Adapun peserta kegiatan ini diikuti oleh 207 orang yang berasal dari berbagai RS di prov.Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Riau, Bengkulu dan Bangka Belitung. Peserta akan dilatih untuk memasukkan data RS masing-masing ke template costing yang sudah di persiapkan oleh tim tatif Kementerian Kesehatan. Selanjutnya data costing dari seluruh RS yang sudah dilatih akan dikumpulkan oleh tim tarif Kementerian Kesehatan untuk dijadikan dasar dalam menentukan tarif INA CBGs Nasional. Narasumber tim tarif adalah ketua P2JK dr Kalsum Komaryani MPPM  serta dr. Puji Triastuti, MARS dan Siti Nurlaela, S.St serta dihadiri oleh perwakilan Persi Pusat yaitu Hamdani Kubi dan Fajarudin Sihombing.



 




Selain materi pengisian template data kosting RS kegiatan ini juga melibatkan peran SPI RS dalam memberikan pemahaman tentang coding sebagai upaya pencegahan fraud. Kegiatan  ini dihadiri oleh Ka.Dinas Kesehatan Kota dan Provinsi Sumatera Selatan , Ketua BPRS daerah Sumatera Selatan, Pimpinan RS sekota Palembang serta Makersi daerah Sumatera Selatan. Semoga kegiatan dapat meningkatkan wawasan keilmuan serat menjadi fasilitator dalam meningkatkan upaya peningkatan kinerja pelayanan di RS terutama dalam hal penguatan peran SPI dan Coding dalam upaya pencegahan fraud dan peningkatan costing RS sebagai dasar untuk menghitung dan me”rasional”kan tarif RS untuk kesejahteraan masyarakat.


Share