Berita

Rabu, Jam: 08:02:33 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi berita disini..



PELATIHAN CSSD di RSMH PALEMBANG , TERAKREDITASI BPPSDM KEMENKES RI


 


CSSD atau Sterilisasi  mempunyai tugas utama yaitu melakukan dekontaminasi, desinfeksi, sterilisasi dan distribusi alat steril untuk kebutuhan layanan di RS, bahkan CSSD menjadi tolak ukur keberhasilan RSMH pada saat penilaian JCI. Hal inilah yang mendasari Diklat RSMH Palembang bekerjasama dengan CSSD RSMH Palembang mengadakan pelatihan CSSD bagi petugas pelaksana pada Senin (15/10/2018) di Aula Instalasi Diklat RSMH. Peserta pelatihan ini terdiri dari perwakilan RS se-Sumatera Selatan sebanyak 20 orang, pelatihan ini sendiri merupakan pelatihan CSSD pertamakali di Indonesia yang terakreditasi oleh Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) Kemenkes RI.


“Pelatihan CSSD ini akan berlangsung selama 9 hari mulai tanggal 15 – 23 Oktober 2018, dengan metode teori dan praktek, diharapkan seluruh peserta pelatihan fokus pada pelatihan sehingga ilmu yang didapat akan diimplementasikan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.” demikian diungkapkan Ketua Pelaksana yang juga Kepala Instalasi Sterilisasi RSMH Fitri Indirayati, S.Kep,Ners, MKes.


Kepala Instalasi Diklat RSMH Palembang Drs.Agus Widi Wijaya ,MM yang mewakili Direktur Utama membuka acara  mengatakan bahwa kesadaran masyarakat  akan mutu pelayanan kesehatan semakin meningkat , keberhasilan RS dalam meningkatkan mutu dan keselamatan pasien salah satunya melalui CSSD, yang menjamin mutu produk steril yang dihasilkan.


CSSD / Sterilisasi RSMH mempunyai layanan unggulan diantaranya pelayanan 24 jam nonstop, Dekontaminasi Tingkat Tinggi (DTT) secara mekanik menggunakan mesin Washer Desinfector sehingga melindungi karyawan dari resiko paparan hazard kimia, hazard biologi dan hazard ergonomic yang dapat terjadi pada proses DTT , sterilasi mekanik suhu tinggi menggunakan mesin steam jenis prevakum, dan suhu rendah dengan mesin gas atylen oxide dan mesin plasma hydrogen peroxide sehingga waktu sterilisasi lebih cepat. Dengan unggulan yang dimiliki oleh CSSD RSMH Palembang, sehingga sering menjadi percontohan bagi RS-RS lain di kota Palembang dan Sumatera Selatan. (yeri)

Share