Berita

Senin, Jam: 10:43:50 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi berita disini..



WORLD DIABETES DAY : BERSAMA KELUARGA KITA LAWAN DIABETES


 



 




Penyakit diabetes menjadi momok bagi setiap orang. Apalagi, jumlah penderita diabetes yang tiap tahun terus meningkat. Maka dari itu setiap tanggal 14 November diperingati sebagai  hari Diabetes Sedunia, yaitu tanggal kelahiran Sir Frederick Banting   adalah orang yang menemukan insulin bersama dengan Charles Best pada 1922.



RSUP dr.Mohammad Hoesin Palembang melalui Instalasi Pelayanan Pelanggan ,PKRS dan Humas bekerjasama dengan Departemen Penyakit Dalam  sub Divisi Endokrin Metabolik  mengadakan penyuluhan mengenai penyakit diabetes di taman Edukasi Publik pada Kamis (15/11) yang dibuka oleh Direktur Medik dan Keperawatan Dr.dr.H.M.Alsen Arlan,Sp.B.KBD,MARS  dengan menghadirkan narasumber Dr.Alwi Shahab,Sp.PD,KEMD,FINASIM, dr.Yulianto Kuswandi,Sp.PD,K.EMD,FINASIM, dr.Ratna Maita Dewi,Sp.PD,K.EMD. Tema dari penyuluhan kali ini adalah “Bersama Keluarga Kita Lawan Diabetes”, menurut dr.Alwi Diabetes merupakan penyakit gangguan metabolik menahun akibat pankreas tak memproduksi cukup insulin atau tubuh tak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif. Insulin ini merupakan hormon untuk mengatur kadar keseimbangan gula darah sehingga  perlunya kepedulian dari kita semua karena angka kematian akibat penyakit diabetes  terus meningkat di dunia.Sebuah penelitian menunjukkan bahwa diabetes sering dikaitkan dengan gaya hidup dan pola makan seseorang yang berakibat meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, ada faktor keturunan dari orangtua yang menurun ke anaknya secara langsung.


Kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan sebagai sarana untuk mengedukasi pasien dan keluarga serta pengunjung di lingkungan RSUP dr.Mohammad Hoesin Palembang, dalam kegiatan ini pula pasien dan keluarga melakukan interaksi dan komunikasi dengan jajaran manajemen dengan menyampaikan masukan , saran maupun pertanyaan seputar pelayanan di RSMH Palembang diiringi live music. Semoga RSMH terus menjadi kebanggaan masyarakat kota Palembang dan Sumatera Bagian Selatan.


(yeri)


Share