Berita

Kamis, Jam: 10:56:57 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi berita disini..



PERINGATAN HARI GINJAL SEDUNIA di RSMH 2019



AYOOO CEGAH PENYAKIT GINJAL DENGAN POLA HIDUP SEHAT



 



Bertepatan dengan peringatan hari Ginjal sedunia, kegiatan RSMH Menyapa Pelanggan pada  kali ini (14/03/2019) di taman edukasi publik  menghadirkan narasumber nefrologist di RSMH Palembang. Diantaranya adalah dr.Ian Effendi ,Sp.PD, KGH, FINASIM , DR.dr.Zulkhair Ali,Sp.PD,KGH ,FINASIM, dan dr.Suprapti,SP.PD,KGH serta Kepala Instalasi Rujukan Nasional dr.Syamsu Indra,Sp.PD,KKV. Peringatan hari ginjal sedunia tahun ini mengusung tema “Kidney Health for Everyone Everywhere” seruan untuk meningkatkan kesehatan ginjal bagi siapa saja dan dimana saja.



 



Kegiatan RSMH menyapa pelanggan kali ini tidak hanya sekedar mendengarkan keluhan dari pasien dan keluarga namun  dikemas dalam penyuluhan kesehatan memberikan edukasi dan kampanye kesadaran kesehatan yang berfokus pada pentingnya melakukan pencegahan dan deteksi dini tentang penyakit ginjal.



Dr.Ian Effendi sebagai Kepala Instalasi hemodialisis mengatakan bahwa penatalaksanaan penyakit ginjal bersifat terintegrasi mulai dari promotif , preventif, diagnosis dan terapi dini, penatalaksanaan gagal ginjal dengan terapi pengganti ginjal sampai ke rehabilitasi dan terapi paliatif , namun yang paling penting adalah mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif memerangi bahaya penyakit ginjal. Sementara itu menurut DR.dr.Zulkhair jika seseorang penderita memasuki stadium akhir maka akan dibutuhkan suatu terapi pengganti ginjal diantaranya hemodialisa, peritoneal dialysis, dan tranplantasi ginjal.



Sebagai RS Rujukan Nasional, salah satu layanan unggulan di RSMH  adalah Transplantasi Ginjal, pasien yang membutuhkan layanan ini dapat langsung ke RSMH sehingga tidak perlu jauh-jauh berobat keluar kota atau bahkan luar negeri, tentu saja tindakan dilakukan setelah melalui berbagai rangkaian pemeriksaan sesuai dengan standar prosedur yang berlaku, tambah dr.Samsu Indra sebagai Kepala Instalasi Rujukan nasional.



Pencegahan penyakit ginjal dapat dilakukan sejak dini, yaitu melalui perubahan perilaku hidup sehat seperti pola hidup sehat , aktifitas fisik dan mengurangi konsumsi garam dan alkohol,  Yukkk…. Hidup sehat  mulai dari sekarang.


Share