Berita

Selasa, Jam: 15:07:33 WIB By admin Dibaca 1

RSUP Dr. Mohammad Hoesin, mulai isi berita disini..



SEMINAR SEHARI TTG UROLOGI DI RSMH



BEDAH UROLOGI TAK LAGI MENYAKITKAN



 



Urologi adalah bedah khusus yang berfokus pada saluran kemih (laki-laki dan perempuan) dan sistem reproduksi laki-laki. Untuk meng-update perkembangan ilmu dan tekhnologi urologi itulah diselenggarakan symposium “Update Endourology And Urethral Reconstruction For General Practitioner” bagi para dokter umum di kota Palembang pada Jumat (29/03) di ruang Aula Utama RSMH Palembang dengan dihadiri oleh Jajaran Direksi dan Pimpinan RS Se-kota Palembang. Acara  simposium dibuka oleh Direktur Utama RSUP dr.Mohammad Hoesin Palembang dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH yang mengatakan saat ini penanganan pasien untuk gangguan urologi didukung oleh tekhnologi yang jauh lebih baik, tentunya akan lebih  nyaman dan aman bagi pasien. Simposium ini menghadirkan narasumber nasional maupun internasional diantaranya dr.Paksi Satyagraha,Sp.U (K), dr.Boyke Subhali,Sp.U (K), dr.Kuncoro Adi,Sp.U (K) dan dr.Didit Pramudito,Sp.U selaku Kepala Divisi Urologi RSMH Palembang.



 



Sebagai ketua panitia pelaksana dr.Marta Hendry, Sp.,U, MARS mengatakan tekhnik pembedahan untuk gangguan urologi ini bisa dilakukan mulai dari  operasi terbuka, endoskopi, sayatan kecil (minimal invasif), pemecah batu/laser, rekonstruksi saluran kemih dan yang terkini adalah pembedahan tanpa sayatan yang dkenal dengan endourologi. “Endourologi ini dilakukan dengan memasukkan kamera dan alat ke dalam saluran kencing. Jadi tidak perlu lagi membuat sayatan,” ujar dr.Marta . Namun, ia menegaskan, semua tetap harus sesuai indikasi.



Kesehatan adalah proses jangka panjang. Begitu pun dalam menjaga kesehatan saluran kemih, harus dimulai sejak dini. “Kuncinya hidup harus seimbang, makan bergizi, rajin olahraga dan minum pun cukup, bukan banyak minum,” tutup dr. Marta mengakhiri wawancara dengan media RSMH.


Share