RSMH sebagai RS Rujukan Nasional


Rumah Sakit Dr. Mohammad Hoesin (RSMH) telah ditetapkan sebagai Rumah Sakit Rujukan Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan No: HK.02.02/MENKES/390/2014 tentang Pedoman Penetapan Rumah Sakit (RS) Rujukan Nasional, yang bertujuan meningkatkan pemerataan kualitas pelayanan kesehatan dan meningkatkan sistem rujukan berjenjang sejalan dengan cita-cita Universal Coverage dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Ketetapan ini memberi peluang bagi RSMH untuk membuka akses layanan bagi masyarakat di Sumatera Selatan maupun provinsi yang berada di sekitar SumBagSel.  Adapun wilayah cakupan layanan RSUP Dr Mohammad Hoesin Palembang meliputi Provinsi Bengkulu, Jambi, Lampung,  Bangka Belitung dan wilayah Sumatera Selatan.

Saat ini RSMH memiliki lebih dari 50 jenis layanan subspesialistik untuk memfasilitasi rujukan berjenjang sebagai rumah sakit rujukan tersier. Ada 5 layanan unggulan yang telah di kembangkan oleh RSMH yaitu :  Kardioserebrovaskuler, Onkologi Terpadu, Bedah Minimal Invasif, Transplantasi Ginjal, dan Bayi Tabung. Namun untuk tahun 2017 layanan Bayi Tabung belum dapat diakses karena masih dalam masa pengembangan. Tahun 2018 sudah dapat di akses sebagai layanan unggulan.

Untuk mempermudah sistim rujukan, maka RSMH sudah membuat satu unit khusus rujukan yang mengelola 5 layanan unggulan sehingga sistim administrasi, akomodasi, transportasi, termasuk informasi dapat dilayani secara khusus. Instalasi Rujukan Nasional sebagai unit khusus tersebut bertugas mengintegrasikan seluruh layanan yang dibutuhkan oleh pasien rujukan tersebut, seperti: pendaftaran pasien, pelayanan rawat inap, pelayanan rawat jalan, pelayanan diagnostik, transportasi dan akomodasi untuk pasien rujukan.