Berita

  • Home
  • Berita Detail

Manfaat bayam bagi kesehatan kita

  • Inst. Promkes
  • 03/02/2023

Manfaat bayam bagi kesehatan kita

Narasumber : Novita Agustina, Ns, M.Kep, Sp.Kep. A ( RSMH Palembang)

 

 

Bayam merupakan sayuran dengan kandungan nutrisi yang tinggi yang dibutuhkan tubuh, salah satunya adalah serat yang mana sangat diperlukan dalam dietary sehari-hari. Bayam (Amaranthus spp) merupakan salah satu tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya untuk digunakan untuk sayuran hijau. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram daun bayam adalah 2.3 gram protein, 3.2 gram karbohidrat, 3 gram besi dan 81 gram kalsium. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yakni vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium.

Bayam terdapat 3 jenis yaitu bayam hijau (bayam cabut), bayam merah dan bayam putih. Bayam hijau (bayam cabut), yaitu bayam yang memiliki bentuk daun yang kecil dan lembut, bayam ini sering disebut dengan bayam cabut (Amaranthus Tricolor. L), juga ada bayam berdaun lebar, tebal dan agak liat yang disebut bayam tahunan (Amaranthus Hybridus.L). Bayam mengandung vitamin yang lengkap. Bayam bermanfaat mencegah berbagai penyakit karena melindungi dan memperkuat tubuh melalui berbagai cara. Kandungan vitamin pada bayam sangatlah banyak diantara kandungan vitamin pada bayam adalah vitamin A, B2, B6, B12, C, K, mangan, magnesium, zat besi, kalsium, kalium, dan fosfor.

Bayam dapat mengatasi anemia, yaitu suatu kondisi kekurangan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah yang disebabkan oleh kurangnya asupan zat gizi yang diperlukan dalam proses pembentukan hemoglobin. Permasalahan gizi pada usia remaja merupakan kelanjutan dari permasalahan gizi pada usia anak salah satunya yaitu anemia defisiensi besi. Akibat dari kekurangan zat besi yaitu anemia dan keletihan. Pada usia remaja terutama remaja putri membutuhkan lebih banyak pengganti zat besi yang hilang akibat menstruasi.

Anemia pada remaja putri merupakan suatu keadaan dimana kadar hemoglobin dalam darah kurang dari batas normal yaitu Hb normal menurut WHO adalah 12 gr/dl.

Kejadian anemia banyak dialami oleh ibu hamil, sehingga harus mengkonsumsi zat besi. Sedangkan ibu hamil yang mengkonsumsi zat besi akan mengalami beberapa efek samping seperti mual, muntah, konstipasi dan nyeri ulu hati. Dalam memenuhi kebutuhan zat besi, seseorang biasanya mengkonsumsi tablet zat besi, akan tetapi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan zat besi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi sayuran yang mengandung zat besi. Salah satu alternatif dalam memenuhi kebutuhan zat besi dapat dengan mengkonsumsi sayuran yang mengandung zat besi. Zat besi dapat ditemukan dalam sayur-sayuran, seperti bayam (Amaranthus sp).

Sayuran hijau seperti bayam merupakan sumber zat besi nonheme. Bayam yang dimasak mengandung zat besi sebanyak 8,3 mg/100 gram. Zat besi yang terdapat dalam bayam tersebut berguna untuk pembentukan hemoglobin dalam darah. Bayam merupakan bahan makan sayuran yang paling tinggi mengandung zat besi yaitu 3,9 mg/100 gram dari pada bahan jenis sayuran yang lainnya, seperti sawi 2,9 mg, daun katuk 2,7 mg, kangkung 2,5 mg, daun singkong 2,0 mg

World Health Organization (WHO) dalam Rohmatika (2016) menuliskan bahwa kebijakan pemerintah dalam menangani masalah anemia dalam kehamilan adalah dengan pemberian suplementasi besi dan asam folat.  Sayuran berhijau daun seperti bayam adalah sumber besi non-heme. Bayam yang telah dimasak mengandung zat besi sebanyak 8,3 mg/100 gram. Menambahkan zat besi pada bayam berperan untuk pembentukan hemoglobin.

 

Referensi:

Rianto, D., & Ahmad, N. (2017). Optimalisasi kandungan serat pada saus bayam. Jurnal Ilmiah Teknologi Pertanian AGROTECHNO2(2), 227–231.

Sari, Y. O., Darmayanti, D., & Ulfah, M. (2021). Pengaruh pemberian zat besi dan sayur bayam terhadap peningkatan kadar hemoglobin ibu hamil dengan anemia di wilayah kerja Puskesmas Martapura I. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (Jksi)6(1), 19–26. https://doi.org/10.51143/jksi.v6i1.265

Suhada, R. I. (2019). Efektivitas sayur bayam terhadap perubahan kadar hemoglobin remaja putri di Smp 3 Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pangan Dan Gizi9(1), 16. https://doi.org/10.26714/jpg.9.1.2019.16-26

Sumber foto: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/meningkatkan-minat-anak-menyukai-sayur-bayam/

 

( DOC, PROMKES, RSMH)