Berita

  • Home
  • Berita Detail

Menjaga Kesehatan Kulit

  • Inst. Promkes
  • 17/05/2023

Menjaga Kesehatan Kulit

Narasumber : Gustri Putri, SST ( RSMH Palembang)

 


 

 

 

Bagi wanita, kesehatan dan kecantikan kulit adalah hal yang penting. Dari kulit yang sehat akan tampak kecantikan yang alami bagi setiap mata yang memandang. Siapa yang tidak mau memiliki kulit indah dan sehat. Tentu setiap kita baik pria maupun wanita mendambakan kulit yang indah dan sehat.

Kulit adalah lapisan terluar dari tubuh manusia. Kulit sangat sering terpapar panas matahari maupun blue light. Terutama kulit wajah oleh karena itu banyak produk produk kecantikan yang beredar di pasaran berlomba lomba untuk memberikan kontribusinya melalaui produk unggul untuk merawat kulit wajah.

Kulit mempunyai berat rata rata 4 kg dan meliputi area seluas 2 meter persegi. Kulit berperan sebagai pembatas. Melindungi tubuh dari lingkungan luar dan mencegah hilangnya zat zat tubuh yang penting terutama air.  Kulit memiliki 3 lapisan yaitu: 

  1. Epidermis 

Ketebalan epidermis berbeda beda ada berbagai bagai bagian tubuh. Yang paling tabal berukuran 1 mm, misalnya pada telapak kaki dan telapak tangan, dan lapisan yang paling tipis berukuran 0,1 mm terdapat pada kelopak mata, pipi, dahi dan perut.

  1. Dermis

Terdiri dari bahan dasar serabut kolagen dan elastin yang berada di dalam subtansi dasar yang bersifat koloid dan terbuat dari gelatin mukopolissakarida. Serabut kolagen dapat mencapai 72 persen dari keseluruhan berat kulit manusia bebas lemak. Di dalam dermis terdapat adneksa- adneksa kulit seperti folikel rambut, papila rambut, kelenjar keringat, saluran keringat, kelenjar sebasea, otot penegak rambut ujung, pembuluh darah dan ujung saraf, juga sebagian serabut lemak yang terdapat pada lapisan lemak bawah kulit. 

  1. Hipodermis 

Hipodermis atau subkutis tersusun atas jaringan ikat dan jaringan adiposa yang membentuk fasia super facial yang tampak secara anatomis. Hipodermis ini terdiri dari sel sel lamak,ujung saraf tepi, pembuluh darah dan pembuluh getah bening, kemudian dari beberapa kandungan yang terdapat pada lapisan sehingga lapisan hipodermis memiliki fungsi sebagai penahan terhadap benturan ke organ tubuh bagian dalam, memberi bentuk pada tubuh, mempertahankan suhu tubuh dan sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan.

Lalu bagaimana menjaga kesehatan kulit? 

Berikut hal hal yang dapat diterapkan dalam menjaga kesehatan kulit :

  1. Konsumsi buah dan sayur 

Buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang beragam. Mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari akan menutrisi kulit dari dalam dengan kandungan vitamin dan mineralnya.

  1. Minum air putih yang cukup

Konsumsi air putih setidaknya 2 liter atau 8 gelas setiap hari. Selain untuk memenuhi cairan tubuh, air tersebut juga akan didistribusikan ke kulit. Kurang minum air putih akan berdampak pada keringnya kulit yang juga akan mengundang berbagai penyakit. Kulit kering rentan akan gesekan dan lebih cepat berkerut.

  1. Gunakan sabun mandi yang mengandung pelembab

Sabun mandi dengan kelembapan yang tinggi adalah yang banyak mengandung moisturizer seperti sabun bayi. Gunakan secara rutin sabun bayi saat mandi maka akan terlihat hasilnya. Kulit akan lebih lembut terawat dan tidak mudah kering  

  1. Lindungi kulit dari sinar matahari dan blue light 

Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA ,UVB dan bluelight gunakan tabir surya yang mengandung SPF 30 dan PA. Paparan sinar matahari akan membuat warna kulit menjadi lebih gelap, akan timbul flek-flek hitam pada wajah karena radiasinya. Gunakan tabir surya saat beraktifitas di luar rumah. gunakan body lotion pada kulit untuk menjaga kelembaban kulit sepanjang hari.

  1. Hindari stres 

Stres dapat mengganggu kesehatan kulit, kulit menjadi cepat berkerut, kusam, dan terlihat tidak bercahaya. Stres adalah energi negatif dari pikiran yang mempengaruhi seluruh tubuh termasuk kulit sehingga kulit cenderung tampak kurang terawat.  

Demikian uraian sekilas mengenai langkah- langkah menjaga kesehatan kulit. Terapkan dan anda akan lihat hasilnya. Selamat mencoba.

 

 

Referensi:

https://umm.ac.id/. Anatomi kulit. Diakses pada 2023.

Sumber Gambar : Peribadi

( DOC, PROMKES, RSMH)