Berita

  • Home
  • Berita Detail

Artikel Kesehatan - Buah Naga Atasi Sembelit Pada Balita

  • Inst. Promkes
  • 26/06/2023

Buah  Naga Atasi Sembelit Pada Balita

                                       Narasumber:  Dian  Agustiani ,S.Kep  Ners ( RSMH,Palembang )

 

 

 

  Buah naga adalah buah tropis yang tumbuh subur di Indonesia. Ciri khas yang paling menonjol dari buah naga adalah kulit luarnya berwarna merah tebal dengan sisik hijau seperti naga. Selain itu, hal lain yang mencirikan buah ini adalah daging buahnya yang bertekstur lembut dengan banyak biji hitam kecil. Daging buah naga bisa berwarna putih, kuning, merah muda, atau merah tua, tergantung varietasnya. Buah yang satu ini punya cita rasa yang manis dan asam sehingga cocok untuk dikonsumsi bayi sampai anak-anak. Nutrisi yang terkandung dalam buah ini pun ternyata memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. Diketahui, buah naga dapat mengurangi dehidrasi bagi bayi, juga disukai karena rasa enak dan teksturnya lembut sehingga mudah dikonsumsi. Buah ini terdapat kandungan serat, air, energi, karbohidrat, protein, lemak, dan kalsium sendiri jika asupan kurang dari kebutuhannya pertumbuhan bayi bisa terhambat.

Kini tak perlu ragu jika memberikan buah naga pada bayi karena menyimpan fosfor, zat besi, vitamin B2, natrium, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, vitamin B3, magnesium, likopen, karotenoid, kalium, zinc, dan kalori. Selain itu, buah naga pun merupakan sumber prebiotik yang baik dan dapat menjaga kesehatan pencernaan untuk bayi, adanya kandungan serat yang tinggi juga mengatasi sembelit.

Berikut adalah beberapa manfaat buah naga merah yang penting untuk mendukung kesehatan anak, di antaranya:

·Membantu mengatasi sembelit

Naga merah termasuk buah yang mengandung kadar air dan serat pangan yang cukup tinggi. Kedua nutrisi ini sangat baik untuk mengatasi sembelit atau konstipasi pada anak. Seperti yang Ibu ketahui, sembelit merupakan masalah kesehatan yang sering dikeluhkan oleh anak-anak. 

Itulah sebabnya, pemberian buah naga merah bisa jadi pilihan yang tepat agar kesehatan pencernaan si Kecil tetap terjaga dan terhindar dari sembelit. Namun, manfaat buah naga merah yang satu ini akan lebih optimal jika memberikan asupan serat dari makanan bergizi seimbang lainnya.

·Mendukung daya tahan tubuh

Manfaat buah naga merah juga penting untuk mendukung daya tahan tubuh si Kecil karena kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Antioksidan merupakan senyawa yang membantu menangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh.

Selain antioksidan, kandungan protein dan berbagai vitamin dalam buah naga juga berperan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh si Kecil agar tidak mudah sakit. Akan tetapi, buah naga bukan satu-satunya makanan bergizi yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh

Memelihara kesehatan tulang

Salah satu manfaat buah naga merah yaitu dapat memelihara kesehatan tulang anak. Manfaat buah naga merah ini hadir berkat kandungan kalsium di dalamnya. Kalsium diperlukan tubuh untuk menyehatkan tulang, otot, sistem saraf, dan organ tubuh lainnya agar bisa berfungsi dengan baik.

Membantu mencegah risiko penyakit

Senyawa antioksidan dan nutrisi lain yang terkandung dalam buah naga merah dapat membantu mencegah risiko penyakit dan menjaga kesehatan sel tubuh. Kandungan vitamin C dalam buah naga merah pun berperan dalam membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. 

Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah naga merah yang tak kalah penting yaitu dapat merangsang pembentukan kolagen dalam kulit. Manfaat buah naga merah yang satu ini hadir berkat kandungan vitamin C. Dengan demikian, kesehatan kulit si Kecil akan tetap terjaga. 

Mencegah anemia

Konsumsi buah naga merah secara rutin diketahui dapat membantu mencegah anemia pada anak-anak dan orang dewasa . Manfaat buah naga merah ini bisa didapatkan si Kecil berkat kandungan zat besi di dalamnya

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2021. Dragon Fruit.

Healthline. Diakses pada 2021. 7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet.Mom Junction. Diakses pada 2021. Dragon Fruit For Babies: Benefits, Precautions, And Recipes.
Baby Center. Diakses pada 2021. The 10 best foods for babies.

Sumber gambar: Dokumen Pribadi

DOC, PROMKES,RSMH