Berita

  • Home
  • Berita Detail

Ayo makan buah dan sayur

  • Inst. Promkes
  • 10/03/2022

Ayo makan buah dan sayur

Narasumber : Novita Agustina, Ns, M.Kep, Sp.Kep. A (RSMH, Palembang)

 

 

 

Mengkonsumsi sayur dan buah merupakan salah satu syarat dalam memenuhi menu gizi seimbang. Sayur dan buah merupakan makanan penting yang harus selalu dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak anak disetiap kali makan. Dengan diet tinggi sayur dan buah baik untuk melindungi kesehatan tubuh, Kekurangan konsumsi sayur dan buah pada anak dapat menimbulkan berbagai penyakit di kemudian hari. Dalam laporan WHO ditemukan bahwa sebanyak 31% terkena penyakit jantung dan 11% terkena penyakit stroke di seluruh dunia disebabkan oleh kurangnya asupan sayur dan buah di dalam tubuh. Untuk itu, perlu dilakukan suatu intervensi untuk meningkatkan konsumsi sayuran dan buah khususnya bagi anak-anak sebagai generasi awal.

Tujuan makan sayur dan buah

•         Meningkatkan kesehatan pencernaan

•         Berat badan menjadi lebih stabil

•         Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

•         Mencegah penyakit bertambah parah

•         Mencegah mulut kering dan sariawan

Mengapa makan sayur dan buah dapat meningkatkan kesehatan??

 

 

 

Sayur dan buah yang beraneka jenis dan warna dapat saling melengkapi kebutuhan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu sayur dan buah juga merupakan salah satu bahan pangan yang banyak mengandung serat. Mengkonsumsi sayur dan buah merupakan salah satu syarat dalam memenuhi menu gizi seimbang. Sayur dan buah merupakan makanan penting yang harus selalu dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak anak disetiap kali makan.

·Zat kimia pada sayur dan buah memberikan warna pada buah dan sayur dan memberikan manfaat untuk kesehatan kita, seperti:

        Warna hijau sebagai penghilang racun didalam tubuh dan  membuat tubuh kuat terhadap penyakit

        Warna merah baik untuk kesehatan mata

        Warna biru-ungu baik untuk mencegah penuaan dini

        Warna putih coklat supaya tubuh tetap bugar

·Buah mengandung banyak vitamin

·Memiliki kandungan mineral

·Kandungan serat yang tinggi

Dengan mengkonsumsi sayur dan buah anak-anak akan tumbuh sehat dan manfaatnya anak akan dapat beraktivitas, buang air besar lancar dan teratur, bebas sariawan, tubuh anak akan lebih bugar dan berat badan akan stabil.

Sayur dan buah sangat penting dalam menu makanan seimbang karena merupakan sumber vitamin dan mineral, meskipun kebutuhannya relative kecil, namun fungsi vitamin dan mineral hampir tidak dapat digantikan, sehingga terpenuhinya kebutuhan konsumsi zat tersebut menjadi esensial. Karena vitamin tidak dapat dibentuk oleh tubuh, maka harus mendapatkan suplai dari luar tubuh terutama dalam bentuk sayuran dan buah.

Ada beberapa dampak yang diakibatkan oleh kurangnya konsumsi sayur dan buah. Apabila kurang mengkonsumsi sayur dan buah akan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi seperti vitamin, mineral, serat dan tidak seimbangnya asam basa tubuh, sehingga dapat mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit. Selain itu juga dapat menurunkan imunitas/kekebalan tubuh seperti mudah terkena flu, mudah mengalami stress atau depresi, tekanan darah tinggi, sembelit, gusi berdarah, sariawan, gangguan mata, kulit keriput, arthritis, osteoporosis, jerawat, kelebihan kolesterol darah dan kanker. Kurangnya konsumsi buah dan sayur dapat juga menyebabkan over weight dan obesitas pada anak usia sekolah sehingga apabila dibiarkan terus menerusakan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler pada saat dewasa.

Pemerintah mengeluarkan sebuah Pedoman Gizi Seimbang yang terdapat media  promosi “Tumpeng” dan “Piring  Makanku” dalam upaya menurunkan  dan  menjaga  status gizi masyarakat. Media “Piring Makanku”terbukti efektif dalam  meningkatkan  pengetahuan,  sikap  dan  praktik  gizi  seimbang  dalam sekali makan. Berikut anjuran sajian makan dengan piring makanku:

 

 

 

 

 

Referensi:

Aswatini, Noveria, M., & Fitranita. (2008). Konsumsi sayur dan buah di masyarakat dalam konteks pemenuhan gizi seimbang. Jurnal Kependudukan IndonesiaIII(2), 97–119.

Pratama, P. A., Zulkarnain, E., & Ririanty, M. (2018). Efektivitas media promosi “Piring makanku” pedoman gizi seimbang sebagai panduan sekali makan (The effectiveness of media promotion “Piring makanku” balanced nutrition guidelines as a guide once packed). Pustaka Kesehatan6(1), 53. https://doi.org/10.19184/pk.v6i1.6767

Sagita, Y. D., Sanjaya, R., Fara, Y. D., & Maesaroh, S. (2019). Peningkatan pengetahuan konsumsi buah dan sayur pada anak sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UAP ( ABDI KE UAP) Universitas Aisyah Pringsewu2(1), 33–41.

Umar, F., & Maallah, M. N. (2018). Analisis pola konsumsi sayur dan buah dengan perkembangan motorik halus anak di PAUD terpadu Nusa Indah Kota Parepare. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan1(2).

DOC, PROMKES, RSMH