Berita

  • Home
  • Berita Detail

Bahaya Gas Amoniak Bagi Tubuh

  • Humas
  • 11/03/2021

Bahaya Gas Amoniak  Bagi Tubuh

dr. Natalie Duyen, Sp.P,  M. Kes ( Spesialis Penyakit Paru  RSMH Palembang)

 

Gas amoniak yang terhisapoleh manusia, dapat membahayakan tubuh, apalagi yang bersangkutan sudah ada penyakit paru sebelumnya misalnya PPOK, asma, bronkitis, TBparu.

“Ada banyak faktor yang membuat seseorang keracunan gas amoniak, seperti berapa lama ia terpapar, berapa banyak partikel gas yang dihisap, serta apakah sebelumnya sudah menderita penyakit paru misal PPOK, asma, bronkitis, TB Paru, dan sebagainya

Apabila setelah menghirup gas kemudian pingsan, berarti kuantitas gas yang dihirup juga besar. Akan lebih baik lagi bila disuatu kawasan yang telah tercemar gas manoniak Apalagi jika kediamannya berdekatan dengan lokasi pabrik, ada warga yang merasa tubuhnya tidak nyaman, terutama sering alami batuk atau kesulitan bernafas, untuk segera melakukan rontgen paruparu. Dari rontgen inilah akan diketahui penyakit apa yang diderita.

Untuk yang ada riwayat penyakit asma, terpapar gas amoniak bakal memperburuk kondisi kesehatannya. Jika selama ini ada penduduk yang sudah ada penyakit asma atau PPOK tentu penyakit tersebut akan sering kambuh. Siapapun yang ada riwayat PPOK sebelumnya, pasti berdampak.

Lantas bagaimana dengan solusinya ?!. 

menggunakan masker kain, serta rutin mengonsumsi susu? penggunaan masker kain dapat dipakai. Sementara dengan susu, meski disinyalir mampu menetralkan racun namun tidak untuk racun yang terhirup. “Yang masuk inikan melalui saluran nafas dan bukan saluran cerna.

 

Hanya saja, metoda meminimalisir paparan pencemaran melalui masker inisifatnya sementara.Tetap saja, harus ada solusi dari perusahaan untuk meminimalisir penyakit paru

“Jika masyarakat banyak alami keluhan, kemudian setelah diperiksa ternyata memang benar sebagai akibat terpapar gas beracun dari pabrik, harus segera ada tindakan.

(Doc. Hukormas RSMH)