Berita

  • Home
  • Berita Detail

BAYI KEMBAR SIAM PARASIT

  • admin
  • 10/09/2019

Kembar siam atau kembar dempet merupakan suatu kondisi bayi lahir kembar denganb again tubuh yang menyatu antara bayi satu dan yang lainnya. Kejadian bayi kembar siam diperkirakan sekitar 1 dalam 50.000 sampai 100.000 kelahiran, dengan kejadian terbanyak pada bayi perempuan.

Bayi kembar siam terbagi menjadi dua jenis, yaitu bayi kembar siam yang biasa (kedua bayi tidak tergantung hidupnya dengan saudara kembarnya) dan bayi kembar siam parasit (jika salah satu bayi hidupnya tergantung pada bayi yang lain).

Seperti yang terjadi pada kasus bayi kembar siam di RS Mohammad Hoesin Palembang. Kasus bayi kembar siam OS yang dioperasi oleh tim dokter RSMH termasuk jenis bayi kembar siam parasit yang menempel pada dinding dada bagian bawah, dinding perut dan panggul. Pada bayi kembar siam OS diketahui bahwa salah satu bayi tidak memiliki saluran tenggorokan (napas) dan tidak terbentuk paru-paru, sehingga bayi tidak bisa bernapas sendiri. Sedangkan bayi kembar yang satunya lagi memiliki saluran napas yang normal. Bayi yang tidak mempunyai saluran napas dan paru-paru tersebut selama ini mendapat oksigen dari bayi yang sehat.

Keadaan ini menyebabkan beban bayi yang normal untuk menghidupi dirinya sendiri dan saudara kembarnya. Disamping itu rongga dada bayi parasit terisi hati dan usus dari bayi yang sehat. Kondisi ini menjadi dilema. Bila dibiarkan terus maka kondisi kedua bayi tersebut akan makin memburuk sehingga bisa menyebabkan keduanya meninggal. Disamping itu, pada bayi parasit juga dijumpai kelainan bawaan lahir lain yang memperberat kondisi bayi parasit. Kelainan bawaan lain yang menyertai bayi parasit adalah terdapat celah lebar pada bibir dan langit-langit mulut, kelainan jantung bawaan yang berat serta ukuran kepala yang kecil.

Pada kasus ini tidak mungkin untuk menyelamatkan keduanya atau mengorbankan keduanya, jadi harus memilih menyelamatkan salah satu.Tim dokter RSMH memutuskan untuk menyelamatkan bayi yang sehat dengan melakukan operasi pemisahan, dengan risiko bayi parasit akan meninggal karena bayi yang parasit tidak memiliki saluran napas (tenggorokan) dan tidak terbentuk paru-paru. Alhamdulillah Tim bedah telah berhasil melakukan sendiri operasi pemisahan bayi kembar siam OS

Sampai saat ini belum tahu persis tentang mengapa suatu kehamilan bisa menghasilkan bayi kembar. Sebenarnya, semua wanita hamil memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan bayi kembar. Ibu yang mengandung anak kembar pada saat Kehamilan  tidak terdapat gejala yang spesifik, Hanya saja, umumnya ibu dengan kehamilan bayi kembar mengalami gejala kehamilan yang lebih parah, seperti mengalami mual yang berlebihan dan lebih cepat merasa lelah. Ukuran perut ibu juga cenderung terlihat lebih besar dari usia kandungannya. Jika sudah dipastikan oleh dokter bahwa Anda hamil anak kembar, perhatikan asupan nutrisi yang konsumsi setiap hari.