Berita

  • Home
  • Berita Detail

BEBERAPA SUMBER MAKANAN SEHAT

  • Inst. Promkes
  • 24/03/2022

BEBERAPA SUMBER MAKANAN SEHAT

       Narasumber :Aidiawaty,S.Kep.Ns (RSMH,Palembang)

 

Sehat adalah nikmat Allah yang sangat patut kita syukuri, .salah satu cara mensyukurinya adalah dengan menjaga kesehatan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi,salah satunya adalah buah-buahan dan sayuran..Selain jenis jenis protein yang banyak mengandung nilai gizi yang tinggi seperti daging, ayam, telur dsb, buah direkomendasikan untuk mencukupi kebutuhan nilai gizi. Buah selain sebagai sumber serat, vitamin serta mineral, buah juga mempunyai rasa yang enak dan manis, ada juga buah dengan sensasi rasa asam dan pahit, tetapi tidak mengurangi penikmat buah untuk memakannya dengan mempertimbangkan beberapa manfaat dari kandungan buah tersebut.

We Are What We Eat, Kebanyakan kita tidak tahu apa makna sehat dan dari mana sehat itu berawa.

Berikut beberapa buah-buahan dan makanan yang baik untuk dikonsumsi :

 

1.                 

                  Pisang

 

§  Mencegah dan menyembuhkan tukak

Menurut beberapa penelitian pisng dapat mencegah dan mempercepat penyembuhan tukak lambung. Pisang juga mengandung sejumlah nutrient yang penting untuk menstabilkan saluran gastrointestinal dan memperkuat sel-sel permukaan lambung, jadi menciptakan semacam barrier yang tebal terhadap asam pencernaan dan pepsin-

----dua unsur utama penyebab tukak lambung.

§  Menurunkan tekanan darah

Pisang banyak mengandung Kalium dan hampir tidak mengandung Natrium. Kalium berperan mengendalikan tekanan darah. Pemberian obat darah tinggi berefek samping menurunkan kadar kalium sampai tingkat yang berbahaya, oleh karena itu beberapa pasien dimimta juga untuk memakan pisang.

§  Menurunkan kolesterol

Kandungan serat dalam pisang juga baik untuk jantung karena menurunkan kadar kolesterol darah. Kandungan serat pektin dalam pisang yang berperan menurunkan kolesterol darah.

§  Menghilangkan PMS (Premenstrual Syndrome)

Pisang mengandung cukup banyak vitamin C dan B6, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk wanita yang sedang PMS.

§  Sumber energi bagi lansia

Pisang melawan rasa lapar dan memberikan rasa kenyang yang menyenangkan. Kombinasi fruktosa alami dan serat memberikan posisi superstar bagi pisang.

 

Pilihlah pisang yang sudah matang untuk dimakan, Semakin matang pisang, rasanya akan semakin manis. Pisang yang masih hijau atau belu masak memiliki kandungan zat tepung yang banyak yang sulit dicerna, tetapi saat pisang semakin matang, zat tepung ini berubah menjadi gula alami penghancur lemak yang lebih mudah dicerna.

 

2.----------

-----------Apel
 
Menurunkan Kolesterol dan tekanan darah

Apel mengandung serat pektin, serat yang larut dalam air yang menurunkan kadar kolesterol LDL yang dapat menyumbat pembuluh darah. Pada saat yang sama pektin menaikkan kadar HDL atau kolesterol baik. Tingkat HDL yang tinggi juga dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang rendah.

Pektin membatasi jumlah lemak yang dapat diserap oleh seladiposa (sel lemak) dengan membangun sebuah “barrier” yang secara alami mengendalikan penumpukan lemak di dalam tubuh.

Apel juga merupakan sumber serat larut yang paling baik, karena tidak mengandung lemak, kolesterol dan Natrium.

Membantu Pencernaan

Apel kaya akan serat yang dinamakan “roughage” yang membantu pergerakan saluran pencernaan. Apel juga dapat menghilangkan diare. Pektin adalah bahan yang terkandungdalam obat anti diare Kaopectate

Menstabilkan gula darah

Kandungan serat yang tinggi di sebuah apel membantu gula darah stabil, dan kadar gula darah yang seimbang dapat mengendalikan nafsu makan anda.

Bekerja sebagai “sikat gigi’ alami

Menguyah sebuah apel seperti menggunakan sikat gigi alami, apel dapat membersihkan makanan yang tersembunyi dibelakang gigi dan gusi sehingga menghalangi terjadinya karies gigi dan penyakit gusi. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam apel dapat membantu penderita penyakit gusi seriuas.

v Membantu menurunkan Berat Badan (BB)

Apel memiliki kandungan Kalium yang tinggi. Kalium mambantu tubuh membuang natrium. Jika tubuh tidak mendapatkan cukup kalium, natrium akan membuat tubuh menahan cairan, yang artinya akan terjadi peningkatan berat badan.

3..----------

------------ Nanas

 

 

§  Membantu menghilngkan lemak dari tubuh

Nanas mengandung protein bromelain. Protein ini memiliki potensi yang sama dengan pepsin yang ditemukan pada pepaya. Bromelain membantu melarutkan pembentukan mukus dan juga mempercepat pembuangan lemak melalui ginjal. Bromelain juga memiliki asam sitrat dan malat yang penting yang diperluksn untuk memperbaiki

 

proses pembuangan lemak dan mangan, yang menjadi komponen penting dalam metabolisme protein dan karbohidrat.

 

§  Meredakan peradangan

Enzim bromelain dalam buah nanas memiliki efek anti inflamasi . Ketika dikonsumsi, enzim bromelain dalam nanas menyebabkan tubuh memproduksi zat yang melawan rasa sakit dan pembengkakan (Peradangan). Bromelain juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melepaskan senyawa untuk melawan peradangan.

§  Membantu mencegah kanker

Penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat menghambat pertumbuhan sel dan menginduksi apoptosis sel pada kanker sehingga sel menjadi mati.

§  Mengandung antioksidan

Buah nanas mengandung antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik, menurut penelitian Xin-Hua Lu, dkk dalam jurnal “Molecules”, antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh untuk melawan stress oksidatif. Stress oksidatif berkaitan dengan kerusakan yang menyebabkan peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemh dan banyak penyakit berbahaya.

§  Membuat tulang kuat

Mineral mangan dalam nanas dapat membuat tulang kuat. Mangan sangat penting untuk kesehatan tulang, termasuk perkembangan dan pemeliharaan tulang.

§  Manfaat buah nanas untuk pria

Studi laboratorium terhadap kekurangan mangan pada pria menyebabkan hilangnya dorongan seksual dan berkurangnya sperma. “European Journal of Sport Science” mengungkapkan enzim bromelain dalam nanas dapat memicu produksi testosteron yang dapat meningkatkan gairah seks pria.

Tingginya kadar vitamin C dan tiamin dalam nanas juga memberikan energi, sehingga meningkatkan stamina seksual.

4.-------


----------Bawang Putih

 

 

Melawan Infeksi

Bawang putih mengandung senyawa kimia yang dinamakan allicin, sebuah antibiotika yang lebih kuat dari penicillin dan tetracycline dalam membunuh berbagai jenis bakteri.

Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ekstrak bawang putih berfungsi sebagai oksidan yang kuat, yang memulihkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

v Mengencerkan darah (antikougulan)

Bawang putih mengandung minyak atsiri, senyawa allicin, alliin dan senyawa organosulfur lainnya seperti ajoene yang berperan sebagai antikougulan.

Berfungsi sebagai ekspektoran dan dekongestan

Kongesti yang disebabkan oleh batuk pilek, influenza, bronkitis kronis, asma dan gangguan pernafasan lainnya dapat diobati dengan bawang putih. Bawang putih berfungsi sebagai dekongestan dan ekspektoran yang membersihkan mukus dari saluran pernafasan.

 

 

 

 



5---------- IKAN
 

 

·Mengencerkan darah

·Melindungi arteri dari kerusakan

·Menginhibisi pembekuan darah (antitrombotik)

·Menurunkan trigliseride darah

·Menurunkan kolesterol LDL

·Menurunkan tekanan darah dan risiko serangan jantung dan stroke

·Mengurangi gejala rematoid arthritis

·Menurunkan risiko lupus

·Mengurangi nyeri kepala migrain

·Berfungsi sebagai agen inflamasi

·Membantu menghilangkan gejala endometriosis

·Mengatur sistem kekebalan tubuh

·Meningkatkan energi mental

·Melawan penyakit ginjal dini

Bahan penting dalam ikan adalah pada minyak ikannya, yang mengandung asam lemak omega 3 EPA dan DPA. Diduga bahwa minyak ikan mencegah overproduksi substansi seperti hormon seperti prostaglandin dan leukotriene yang dapat menyebabkan pembekuan darah berlebihan, peradangan dan reaksi kekebalan lain yang berbahaya.

Penelitian lain telah membuktikan bahwa ikan menurunkan lemak darah yang dinamakan trigliserida dan LDL tetapi dapat meningkatkan kolesterol HDL. Kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam ikan terutama mackerel dapat menurunkan tekanan darah.

Minyak ikan mencegah overproduksi prostaglandin, minyak ikan membantu menghilangkan penyakit seperti endometriosis yang dipicu oleh prostaglandin.

Minyak ikan tidak menaikkan nilai IQ, tetapi tyrosine sebuah protein yang ditemukan dalam ikan dapat memberikan energi pikiran.Tyrosine mendorong otak untuk menghasilkan zat kimia perangsang otak norepineprin dan dopamin. Hal itu tidak memberikan energi over dosis tetapi akan membuat otak siaga pada tingkat memadai.

Guyss Masih banyak lagi jenis makanan sehat yang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Sungguh Allah SWT maha pengasih dan penyayang, diciptakan-Nya Dunia dan isinya dengan segala manfaatnya. Apakah akan bermanfaat atau menjadi unmanfaat tergantung bagaimana kita mengelolanya, dan akan bermanfaat dengan baik bila dikonsumsi tidak berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan lebih dekat kepada kemudhoratan.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

 

 

 

Daftar Pustaka

 

Dr. Kusuma, Widjaja. 2000. Makanan dan Jus untuk Kesehatan. Batam : Interaksara

 

Dr. Andrium, Kevin. 2021. 6 Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan. Alodokter. Diakses dari https://www.alodokter.com/jangan-salah-kandungan-dan- manfaat-buah-nanas-ada-banyak

 

Biananda, Belladina. 2020. 4 Manfaat buah apel ini tidak boleh Anda abaikan.

Kontan.co.id

Diakses dari https://amp.kontan.co.id/news/4-manfaat-buah-apel-ini-tidak- boleh-anda-abaikan

 

 

 

Doc, PROMKES, RSMH