Berita

  • Home
  • Berita Detail

Berbahayakah Jika Mengkonsumsi Jengkol Berlebihan

  • Humas
  • 22/03/2021

Berbahayakah Jika Mengkonsumsi Jengkol Berlebihan ?

Narasumber:  Ulfi triana. AMK

 

Jengkol ( plthe colobium jiringa ) merupakan makanan yang paling banyak dikonsumsi oleh penduduk indonesia. jengkol bisa di konsumsi dengan mentah , dibakar atau di goreng.

Jengkol, meskipun memiliki bau yang menyengat namun memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh diantaranya mengandung, protein, vitamin C,  zat besi , kalsium, fosfor, vitamin A , vitamin B dan juga mengandung karbohidrat

Namun, selain kandungan nutrisi tersebut, jengkol juga mengandung senyawa asam jengkolat yang bisa menyebabkan keracunan apabila terakumulasi terlalu banyak didalam tubuh, apalagi bila jengkol tersebut dikonsumsi mentah dan setengah matang, asam jengkolat dalam biji jengkol mentah masih dalam keadaan utuh & aktif.

Berikut merupakan bahaya kebanyakan makan jengkol :

1.  gangguan pencernaan

Umumnya, seseorang akan menunjukkan gejala keracunan jengkol pada 5 – 12 jam setelah mengkonsumsi jengkol. Gejala yang timbul seperti nyeri perut, mual, diare, muntah, nyeri saat berkemih, serta adanya darah dalam urine .

Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang keracunan jengkol, diantara daya tahan tubuh, keasaman lambung , jumlah jengkol yang dikonsumsi, usia biji jengkol dan cara memasaknya.

2.  penyakit ginjal

Penyebab hal ini belum diketahui pasti, namun diduga terjadi karea pengendapan kristal asam jengkolat disistem saluran kemih

3.  bau mulut

Efek samping makan jengkol akan meninggalkan jejak tak sedap pada mulut, dan tak hanya itu makan jengkol juga menyebabkan bau menyengat diurine selama beberapa waktu, bau menyengat tersebut berasal dari kandungan asam jengkolat.

4. gangguan kesadaran

Keracunan jengkol yang berat dapat menyebabkan hilang kesadaran, gejala ini masih berhubungan dengan gangguan ginjal akut tanpa penanganan segera.

 

 

 

Bagaimana mencegahnya

Untuk mencegah terjadinya keracunan akibat kebanyakan memakan jengkol , perlu diperhatikan hal hal berikut !

1 .  hindari mengonsumsi jengkol pada saat perut kosong dan jangan disertai makan / minum lain yang bersifat asam

2.  hindari konsumsi jengkol dalam keadaan mentah

3. minum air yang bnyak setelah mengkonsumsi jengkol berlebihan, terutama jika memiliki gangguan ginjal.

 

Itulah bahayanya jika mengkonsumsi jengkol secara berlebihan , karna yang berlebihan itu tidak baik   Semoga atrikel ini

( Doc Hukormas RSMH )