Berita

  • Home
  • Berita Detail

RSMH Palembang adalah Rumah Sakit Pertama di Sumatera Diakui Internasional

  • admin
  • 04/11/2019

Tepat berulang tahun ke-60 tahun, Rumah Sakit Umum Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang mendapat Akreditasi Internasional dari Join Commision Internasional (JCI).

Akreditasi ini didapat melalui penilaian selama 45 hari oleh tim JCI internaisonal yang memutuskan jika RSMH Palembang berhak atas akreditasi internasional tersebut.

“Dari 1400 elemen/standar penilaian, tim JCI hanya menemukan 39 temuan yang bila dipersentasekan hanya 2 persen saja. Ini dinilai sangat baik,” kata Direktur Utama RSMH Palembang, Dr M. Syahril, Sp.P, MPH Senin (9/1/2017).

Kedepan, Syahril mengatakan, dengan diraihnya akreditasi JCI ini serta status RSMH yang sudah menjadi rujukan nasional, maka pihaknya akan terus berusaha menjaga amanat yang sudah diterima, terutama dengan fokus memberikan pelayanan terbaik di lima provinsi baik Palembang, Bengkulu, Jambi, Lampung dan Bangka Belitung sebagai rujukan.

“Tak hanya sampai disitu, dengan lima program unggulan sebagai rujukan nasional, kita juga akan melaunching pendaftaran pasien online dan launching sistem rujukan terintegrasi,” jelasnya.

Sementara itu Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan,Dr. Bambang Wibowo mengungkapkan, keberhasilan pihak RSMH Palembang meraih akreditasi internasional dari JCI merupakan prestasi membanggakan.

Prestasi ini, kata dia, harus diimbangi dengan layanan prima. Jangan sampai nantinya akreditasi dicabut karena kinerja dan layanan menurun dan tidak sesuai standar penilaian tim JCI.

“Akreditasi bukan cuma piagam tapi juga amanah membangun budaya mutu keselamatan pasien sakit dalam lingkungan rumah sakit,” kata Bambang.

(Doc.Humas RSMH)