Berita

  • Home
  • Berita Detail

Tips Jaga Kesehatan Gigi

  • Hukormas
  • 12/10/2021

Tips Jaga Kesehatan Gigi

Narasumber:  drg Purwandito Pujoharjo, MM. SpKGA

 

Saat pandemi kesehatan harus dijaga, tak terkecuali kesehatan gigi dan mulut. Lalu bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut?

 

 

Gosok gigi minimal dua kali sehari, bisa saat pagi hari setelah makan dan sore hari atau lebih bagus sebelum tidur

 

 

Lebih lanjut ia mengatakan, hindari makanan yang lengket seperti manis dan lain-lain. Lalu setelah makan kumur-kumur, agar sisa makanan tidak menempel.

 

Kumur-kumur bisa juga menggunakan air hangat diberi garam secukupnya.

Karena garam itu termasuk larutan fisiologi yang larut dalam tubuh, sehingga tidak membuat mati bakteri yang baik hanya membunuh bakteri yang jahat

 

Kalau kumur-kumur menggunakan alkohol tidak ada masalah, tapi idealnya cukup mengandung garam fisiologi jadi pakai air hangat diberi garam saja sudah cukup.

 

Sebab kalau pakai alkohol selain membunuh bakteri jahat nanti bakteri baik juga bisa mati. Kalau mau aman cukup pakai air putih atau pakai air hangat diberi garam.

 

"Kalau mau pakai obat kumur, idealnya cukup dua Minggu. Kalau mau dipakai rutin bisa diseling-selingin.

 

Sebab akibat gigi tidak dijaga kebersihannya bisa berakibat berlubang, karies, dan jika tidak ditambal jadi penyakit. Karang gigi juga bisa menempel digusi dan gigi bisa goyang.

 

Lalu untuk anak-anak, kalau anak dibawah 4 tahun masih tergantung dengan orang tuanya. Maka saya tekankan orang tua jangan hanya menyuruh anak sikat gigi, karena anak umur segitu enggak bisa kalau hanya disuruh jadi harus dicontohkan dengan baik

 

Misal diajak sikat gigi bareng, ajak anak menyikat gigi itu jadi hal yang menyenangkan. Sehingga nantinya anak akan terbiasa dan anak awareness  terhadap kesehatan gigi

 

( Doc.Hukormas)